Sistem Presensi Beserta Contoh Solusi Tepat - Melek Pembukuan

Sistem Presensi Beserta Contoh Solusi Tepat

 

Penggunaan sistem presensi termasuk sangat efektif dan maksimal di Indonesia. Tidak heran jika selalu digunakan disebabkan karena manfaatnya. Tidak lain dalam membantu proses absensi atau kehadiran setiap karyawan.

Pastinya tidak bisa hanya menggunakan sistem lama karena perhitungan harus tepat. Termasuk menjalankan setiap sektor perusahaan supaya lebih produktif. Apalagi tergolong terdapat manfaat sebagai pendatang keuntungan.

sistem presensi
Businessman trading online stock market on teblet screen, digital investment concept

Sebenarnya tidak lain nantinya ampuh melihat bagaimana karyawan saat bekerja. Kalau terdapat kenaikan, artinya produktivitas sedang membaik. Tapi jika ternyata menurun, kemudian perusahaan menjadi kurang produktif.

Kita sudah memahami kalau pada dasarnya sektor produktivitas hanya dapat diperoleh dari karyawan. Tidak heran perlu terdapat pemantauan khusus supaya kinerja membaik. Terutama supaya dapat memperoleh target pekerjaan.

Selain itu kamu juga wajib mengetahui tentang jenis beserta keuntungan yang dapat diperoleh. Tentunya supaya resensi semakin membantu perusahaan. Terlebih jika nantinya berencana melakukan penerapan aplikasi atau teknologi modern.

Jenis Sistem Presensi Paling Penting Bagi Perusahaan

Sekarang sistem yang dipakai pada teknologi resensi sudah mencapai tingkat cukup baik. Tidak lain disebabkan karena banyak sektor modern digabungkan. Jadi, terdapat beberapa jenis system dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Fingerprint

Fingerprint masih tergolong sebagai sistem presensi paling terkenal sampai sekarang. Apalagi karena cara penggunaannya yang tergolong cukup sederhana. Belum lagi proses verifikasi maupun identifikasi berjalan sangat lancar.

Dari segi keamanan, Fingerprint juga memiliki tingkatan yang sangat baik. Hal ini disebabkan setiap orang punya sidik jari unik yang berbeda-beda. Tidak heran kemudian kecurangan dalam absensi menghilang sepenuhnya.

Kartu

Umumnya dalam setiap perusahaan, pastinya memiliki Kartu atau ID Card. Biasanya digunakan sebagai tanda pengenal utama bagi setiap pekerja. Tapi bisa diubah lebih modern yakni alat pendata absensi setiap karyawan.

Untuk cara penggunaan Kartu juga terbilang paling mudah dibanding jenis lainnya. Terutama karena ID Card dapat dikalungkan dan tinggal ditempelkan pada suatu mesin. Kemudian mendeteksi secara otomatis kehadiran pekerja.

Password

Pilihan sistem presensi terbaik lainnya yang dapat dipakai suatu perusahaan yakni Password. Tentunya setiap karyawan dapat membuat Password unik masing-masing. Bagus dipakai meskipun tidak sepopuler Kartu atau Fingerprint.

Cara penggunaan sistem Password ini mudah karena tinggal masukkan data pada perusahaan. Tapi sayangnya terdapat kelemahan seperti bisa menitipkan kehadiran. Begitu juga masalah seperti kelupaan Password sendiri.

Online

Perkembangan teknologi telah membuat sistem absensi perusahaan bisa memakai Online. Umumnya menggunakan database cloud dalam menyimpan kehadiran karyawan. Cukup banyak dipakai karena tidak membutuhkan banyak biaya.

Presensi Mudah Dipakai dan Cenderung Cukup Akurat

Penggunaan suatu sistem presensi, tentunya bukan hanya disebabkan karena jenisnya yang banyak. Tapi dari segi pemakaian pada perusahaan yang begitu penting. Belum lagi dengan manfaat terbesar bagi setiap organisasi.

Manfaat penting mudah dipakai yang dapat kita lihat pada resensi yaitu kemudahan pemakaian. Proses input selalu dilakukan dengan cepat sehingga bisa langsung dipakai. Bahkan radius yang digunakan sekarang lebih jauh.

Apalagi jika jenis yang kamu manfaatkan yaitu dilengkapi dengan GPS. Tidak heran kalau perusahaan dapat melacak langsung keberadaan pekerja saat ini. Jadi, meskipun melakukan Work From Home tetap mudah diawasi.

Manfaat terbesar lainnya dalam penggunaan teknologi sistem presensi yaitu data akurat. Sebelumnya data setiap karyawan akan dimasukkan pada software. Tidak heran mudah dibaca dengan baik saat pekerja melakukan verifikasi.

Semua data keberangkatan karyawan masuk otomatis sehingga tidak perlu absen manual. Nantinya kalau terdapat keberangkatan tidak sesuai aturan, bisa diketahui atasan. Kemudian langsung ditanyai mengenai permasalahan tersebut.

Sekarang telah terdapat beberapa aplikasi integrasi yang cukup menawan fungsinya. Tentunya tergolong sebagai software paling penting bagi perusahaan. Apalagi fungsinya dalam proses presensi tergolong maksimal.

Karena sistem presensi jumlahnya banyak, perlu detail saat memilihnya. Terutama supaya beragam manfaat dapat diterima agar tidak membuang biaya. Terlebih tujuan awalnya supaya bisa digunakan oleh setiap karyawan.

Begitu juga pentingnya memperhatikan bagaimana keakuratan saat dipakai. Termasuk beberapa risiko kegagalan pada salah satu software yang dipakai. Disini lebih disarankan memilih aplikasi atau software dengan fitur terlengkap.

Sistem Absensi Presensi Cepat Terintegrasi dan Hemat Budget

Pada masa sekarang, sistem presensi memang begitu diharapkan membantu kinerja perusahaan. Tentunya dalam mengatur absensi supaya lebih teratur. Pastinya akan menutup kemungkinan para pekerja mencoba melakukan kecurangan.

Selain itu ternyata masih terdapat manfaat penting seperti proses integrasi dengan software lainnya. Misalnya sistem payroll sehingga bisa menghitung gajinya. Apalagi jika berhubungan dengan banyaknya jam dan hari kerja.

Umumnya proses integrasi ini langsung menghasilkan seberapa besar jumlah gaji. Tentunya dikalikan dari gaji pokok bersama dengan jumlah kehadiran. Kemudian update tersebut membuat perhitungan adil karena sesuai absensi.

Sementara itu kemampuan sistem presensi yang paling ditunggu perusahaan adalah menghemat biaya. Kalau dilakukan secara manual, tidak menutup kemungkinan menambah pekerjaan. Terutama pihak yang harus menghitungnya.

Tapi disini kita hanya perlu menyiapkan peralatan software yang sudah banyak pihak menjualnya. Tidak heran bisa langsung dibeli dan mendapat lisensi resmi. Terutama dapat dipasang langsung pada sistem perusahaan.

Meski bisa menghemat pengeluaran, tapi harus dilihat dulu jenis yang dipakai. Kalau sistem fingerprint biasanya tergolong memiliki harga mahal. Berbeda dibanding sistem online dengan biaya yang cenderung terjangkau.

Perlu dipahami nantinya terdapat juga sistem yang harus melakukan banyak integrasi rumit. Tidak heran membutuhkan tenaga ahli supaya bisa memanfaatkan secara maksimal. Apalagi demi keberlangsungan perusahaan agar semakin efisien.

Pada masa sekarang, memang cukup wajar apabila menggunakan jenis aplikasi khusus. Tapi pastikan agar fungsinya maksimal dan dilengkapi harga bersahabat. Tujuannya agar sistem presensi efektif bagi kepentingan perusahaan.

0 Response to "Sistem Presensi Beserta Contoh Solusi Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel