Seperti apa slip gaji? Simak Pembahasan lengkap beserta Manfaat, dan, Formatnya. - Melek Pembukuan

Seperti apa slip gaji? Simak Pembahasan lengkap beserta Manfaat, dan, Formatnya.

 

Bicara tentang gaji? Mungkin sebagian menganggapnya sebagai orang yang menerima upah setelah menjalani pekerjaannya. Biasanya tiap akhir bulan para pegawai sudah dapat menerima upahnya. Namun, setiap kebijakan perusahaan bisa saja berbeda-beda, ada yang menerima gajinya perminggu, ada juga yang perhari. Apabila para pegawai sudah menerima upahnya atau gajinya, maka akan menerima slip gaji yang dimana diharuskan seluruh perusahaan sebagai tanda bukti jika perusahaan telah menjalankan kewajibannya yaitu memberikannya upah atau gaji.

Didalam slip gaji terdapat format-format yang pastinya wajib untuk diketrahui para karyawan. Adanya format-format ini bisa membuat karyawan memahami serta memberi manfaat yang bisa dirasakan.

Perlu diketahui, jika slip gaji diera yang serba canggih ini sudah tak lagi menggunakannya dalam bentuk fisik seperti kertas. Kini pihak Human Resouces dapat mengirimkan slip gajinya secara daring atau online. Dengan begitu, pekerjaan HRD menjadi lebih mudah secara menyeluruh.

slip gaji


Woman holds calculator and paid check. Cost control concept

Pengertian Slip Gaji Pegawai.

Slip gaji adalah suatu berkas yang sifatnya resmi yang dimana isinya mencantumkan informasi seputar gaji yang diterima oleh karyawan dan juga pajak yang dipotong atas penghasilannya tersebut.

Untuk kalangan pegawai, slip gaji merupakan tanda bukti yang sifatnya resmi perihal penggajian dan pajak penghasilan yang telah disetor. Slip gaji ini juga berguna bagi karyawan dan bisa menjadi jaminan apabila hendak mengajukan kresit seperti, kredit motor atau mobil, rumah, meminjam uang dan lain sebagainya.

Buat perusahaan, fungsi dari slip gaji ini juga berguna untuk dokumentasi atas catatan pengeluaran upah dibayar oleh perusahaan kepada karyawannya.

Seiring berjalannya waktu dengan kemajuan tekologi, biasanya pihak HRD  kirim slip gaji dengan cara Online.

Manfaat Dari Slip  Gaji.

Setelah membahas terkait pengertiannya, berikutnya adalah manfaat slip gaji,hal ini perlu diketahui oleh karyawan agar dapat merasakan manfaat dari adanya slip gaji ini. Berikut ini beberapa manfaat adanya slip gaji:

  • Dapat mengetahui Perincian Gaji.

Para karyawan bisa memahami dan mengetahui  rincian upah yang diterima oleh karyawannya. Para pegaaai bisa melihat seberapa banyak gaji yang akan diterimanya nanti, serta apa saja potongan yang akan diterima misalnya pph(pajak penghasilan), dan BPJS. Informasi yang ada wajib lengkap, karena jika tidak lengkap akan menjadi masalah antara perusahaan dengan karyawannya serta akan dicap tidak transparan dalam hal gaji.

  • Sebagai syarat ajukan kredit rumah.

Apabila hendak ingin membeli rumah dengan cara kredit atau mencicil pasti akan ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabahnya. Salah satunya adalah bukti slip gaji, bukti slip gaji menjadi persyaratan yang wajib dipenuhi oleh nasabah jika ingin mengambil kredit rumah. Tujuannya adalah sebagai jaminan serta untuk menetapkan suku bunga yang nantinya akan dibebankan kepada nasabahnya.

  • Untuk melamar kerja.

Manfaat berikunya adalah melamar kerja, walaupun tidak semua perusahaan memintanya sebagai persyaratan, biasanya pihak perusahaan meminta slip gaji hanya untuk yang pernah bekerja diperusahaan sebelumnya. Tujuan dimintanya slip gaji adalah agar pihak perusahaan bisa lebih percaya jika bukti yang dilampirkan oleh pelamar kerja merupakan bukti yang otentik dari tempat kerja sebelumnya.

Dicantumkannya slip gaji akan membuat proses negosiasi gaji menjadi lebih mudah.

  • Untuk mengajukan pinjaman ke Bank.

Jika ada masalah dalam finansial, mungkin solusinya adalah dengan meminjam uang di bank. Akan tetapi, untuk mengajukan pinjaman uang ke bank maka ada beberapa berka yang wajib dipenuhi agar pinjamannya mendapat persetujuan dari pihak perbankan. Bukti slip gaji salah satu  berkas yang harus dipenuhi demi disetujuinya pinjaman yang diajukan.

Format Slip Gaji.

Biar paham  ada beberapa format slip gaji yang harus diketahui lebih dulu. Antara lain:

Nama Perusahaan.

Nama dari perusahaan menjadi format yang pertama dalam membuat slip gaji. Mengapa begitu? Karena perusahaan bertanggung jawab atas upah yang diberikan kepada pegawainya.

Apabila nama perusahaan tersebut tidak tercantum atau bahkan tidak ada  nama perusahaan, maka slip gaji  akan menjadi absurd lantaran tidak mencantumkan nama perusahaan yang bersangkutan.

Menyertakan kerahasiaan berkas

Setelah nama perusahaan, kerahasiaan berkas menjadi format berikutnya. Format tersebut terletak ada dibawah nama perusahaan. Biasanya terdapat tulisan ‘Privat and Confidential’, yang artinya hanya pegawai yang bisa mengetahui isi slip gaji ini.

punya masalh? mau masalah tersolusikan hubungi saja : FR CONSULTANT INDONESIA

Tangga bayar dan data pegawai.

Untuk format ini, tanggal bayar harus tertera agar lebih jelas slip gaji dari perusahaan kapan diberikan. Data pegawai yang tertulis juga wajip dilengkapi seperti nama pegawai, deskripsi sub divisi, serta NPWP.

Besaran gaji dan total potongannya.

Format yang lebih sering dilihat karyawannya adalah format yang sesuai dengan namanya. Pada informasi tersebut memuat pendapatan yang terdiri dari gaji poko, insentif, dan tunjangan.

Buat yang format potongan terdiri atas premi asuransi, utang pegawai ke perusahaan, serta pajak penghasilan.

Keterangan pembayaran yang lengkap.

Untuk format ini isinya terdiri dari pendapatan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, pajak bulan yang berjalan, jumlah uang yang didapat pegawai.

Pada keterangan ini cukup penting untuk diketahui, tujuannya adalah apa yang dibutuhkan pegawainya bisa dijelaskan secara rinci .

Itulah pembahasan mengenai slip gaji, hal ini sangatlah penting bagi pihak HRD dalam membuat slip gaji, karena itu bisa jadi bukti bahwa perusahaan sudah membayarkan upanya kepada karyawan. Selain itu, adanya slip gaji juga sebagai jaminan apabila hendak mengajukan pinjaman, kredit rumah, kredit mobil. Sekarang dalam membuat slip gaji juga lebih mudah baik yang menggunakan aplikasi dalam membuat slip gajinya ataupun dengan metode lain yang sama canggihnya.

Baca juga tips berikut : Seputar bisnis, pajak, digital marketing

0 Response to "Seperti apa slip gaji? Simak Pembahasan lengkap beserta Manfaat, dan, Formatnya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel