Payroll – Contoh Slip Gaji, Ini Manfaat dan Tujuannya? - Melek Pembukuan

Payroll – Contoh Slip Gaji, Ini Manfaat dan Tujuannya?

 

Untuki pemilik usaha, membuat slip gaji pekerja itu harus. Meskipun teknologi sudah semakin canggih, saat ini masih banyak pelaku usaha yang membuat slip gaji secara manual. Contoh slip gaji sendiri dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai macam format mulai dari format Docx hingga  format Excel. Membuat slip gaji sendiri atau mendownload template yang sudah ada di internet.

Selain menggunakan cara manual, membuat slip gaji sekarang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga praktis dengan memanfaatkan aplikasi payroll digital. Apapun pilihannya nanti, penting untuk mengerti apa itu  contoh slip gaji, informasi apa yang perlu dicantumkan ke dalam slip gaji dan bagaimana cara membuat slip gaji.


Pengertian Slip Gaji dan Manfaatnya

Slip gaji merupakan suatu dokumen yang berisi informasi resmi mengenai penghasilan yang didapatkan oleh pekerja dari tempat kerjanya. Aturan tentang contoh slip gaji tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan

Didalam peraturan ini disebutkan jika tiap pemilik usaha harus menyerahkan bukti pembayaran upah atau gaji dalam bentuk slip gaji. Di dalamnya slip terkandung rincian yang lengkap mengenai jumlah uang yang akan diterima saat waktu pembayaran gaji.

Di dalam slip gaji biasanya tercantum sejumlah informasi yang penting diantaranya adalah:

  • Identitas perusahaan yang menerbitkan slip gaji. Kamu dapat menuliskan nama perusahaan, alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Biasanya untuk format tak jauh berbeda dengan yang tercantum pada kop surat
  • Waktu pembayaran. tiap perusahaan mempunyai waktu pembayaran gaji yang berbeda-beda. Ada yang memakai sistem pembayaran per bulanan, per minggu, ataupun per hari. Jangan lupa untuk menuliskan waktu pembayaran gaji pada lembaran slip untuk mempermudahkan tracking
  • Identitas pekerja. Nama pekerja, posisi jabatan serta statusnya (pekerja tetap, training atau kontrak) juga seharusnya dituliskan pada berkas slip gaji tersebut.
  • Rincian pendapatan mulai gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, sampai potongan lainnya.
  • Pendapatan bersih. Pendapatan bersih meeupakan nilai uang upah yang akan diterima seusai dipotong pajak.
  • Pengesahan dari pihak yang berwenang dalam hal ini pemilik usaha.

Selain segala informasi seperti yang sudah dibahas di atas, sejumlah owner perusahaan juga menambah pernyataan berupa warning atau mengingatkan bagi pekerja untuk tidak menyebarluaskan isi slip gaji tersebut kepada pihak lain. Informasi tambahan ini sifatnya opsional, tergantung keperluan masing-masing perusahaan.

Menerbitkan Contoh Slip

adalah kewajiban untuk pemilik perusahaan. Slip gaji sendiri mempunyai beberapa manfaat yang harus dipahami oleh pekerja diantaranya adalah:

  • Memahami dengan jelas rincian pengdapatan yang didapat dalam disetiap waktu penggajian
  • Mempermudah pekerja ingin mengajukan kredit. Lembaga keuangan baik bank maupun non-bank biasanya akan meminta slip gaji sebagai persyaratan untuk mengajukan kredit baik kredit kendaraan bermotor ataupun rumah. Dengan adanya slip gaji membuktikan jika orang yang hendak mengajukan kredit mempunyai pendapatan tetap yang akan dipergunakan untuk membayar cicilan
  • Memupermudah pekerja apabila ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Serupa dengan pengajuan kredit kendaraan atau rumah, mengajukan KTA juga membutuhkan slip gaji sebagai berkas tambahan.
  • Untuk dokumen tambahan untuk melamar pekerjaan apabila pekerja ingin mengajukan resign dan melamar pekerjaan di tempat kerja yang lain, slip gaji bisa dipergunakan untuk bukti saat akan melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan yang baru tersebut. Perusahaan baru mempergunakan slip gaji ini untuk memperkirakan besaran gaji yang akan ditawarkan pada calon karyawannya tersebut tersebut.

Contoh Slip dan Cara Membuatnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, slip gaji dapat dibuat dengan cara yang manual maupun dengan menggunakan aplikasi. Membuat slip gaji dengan cara manual juga wajib memperhatikan berbagai komponen-komponen yang ada didalam slip gaji seperti yang sudah ditulis di pembahasan sebelumnya. 

Tujuan Memberikan Slip

Tujuan pemberian slip gaji dari perusahaan kepada pekerja adalah untuk memberi bukti secara tertulis jika suatu saat nanti menimbulkan persepsi yang berbeda mengenai hak dan kewajiban baik yang belum maupun yang sudah dibayarkan.

Bukti tertulis ini dianggap bukti yang kuat untuk memperjelas hak dan kewajiban pekerja atas upah itu sudah dibayarkan oleh perusahaan. Bagi para pengusaha, pihak perusahaan dapat menggunakan contoh slip gaji yang bisa ditemukan secara online untuk membuat slip gaji pekerjanya

Peraturan Pemerintah tentang Slip

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) tentang Pengupahan menyatakan jika pengusaha harus menyerahkan slip gaji (bukti pembayaran upah) yang isinya berupa rincian upah yang akan diterima oleh karyawan / buruh pada saat upah dibayarkan.

Fungsi Slip

Slip gaji mempunyai segala kegunaan, yaitu sebagai bukti resmi untuk pegawai atas hak-hak yang diterimanya dari pemberi kerja selama jangka waktu tertentu.Dokumen yang dilampirkan saat mengajukan kredit di bank atau lembaga pembiayaan tertentu.

Untuk mempermudah dalam membuat slip gaji secara manual dengan menggunakan Microsoft Word. Simak contoh slip gaji berikut ini!

TOKO Sinar Baru

Jalan Persatuan No. 5 Depok

Slip Gaji Karyawan Periode 4 april – 31 April 2020

Nama : Budi Surahman

Jabatan : Admin

Status : Pekerja Tetap

PENGHASILAN

Gaji Pokok : Rp1.000.000

Tunjangan Konsumsi : Rp200.000

Tunjangan Harian : 0

Transportasi : 0

Bonus Target : Rp250.000

POTONGAN

Asuransi : Rp100.000

Lain-lain : –

TOTAL

(Rp1.450.000 – Rp100.000)

Penerimaan Bersih : Rp1.350.000

Terbilang : satu juta tiga ratus lima puluh rupiah

Jakarta, 31 April 2020

Pemilik Usaha

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan.

0 Response to "Payroll – Contoh Slip Gaji, Ini Manfaat dan Tujuannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel