Fungsi SDM dan Konsep Motivasi SDM Guna Menunjang Karir SDM di Perusahaan - Melek Pembukuan

Fungsi SDM dan Konsep Motivasi SDM Guna Menunjang Karir SDM di Perusahaan

 

SDM adalah satu kunci perusahaan dalam mengembangkan bisnis yang di jalankan oleh perusahaan. Bersangkutan baik maka sudah bisa di pastikan  bahwa perusahaan bisa lebih sukses dibandingkan dengan SDM yang kurang baik.

Cara di lakukan oleh perusahaan untuk membuat agar SDM yang di miliki perusahaan benar-benar sesuai dengan apa yang menjadi  harapan perusahaan.  Itulah sebabnya di dalam sebuah perusahaan ada divisi HRD ( Human Resources Departemen ) yang secara langsung menjadi divisi di dalam perusahaan yang berusaha untuk mengembangkan skill yang ada dalam perusahaan agar dirinya mampu berkembang dengan cukup baik.

Baca Juga Quora kami : Contoh Soft Selling dan Cara menggunakannya untuk Promosi

Konteksnya adalah kita bisa jelaskan dari beberapa kondisi yang ada di bawah ini kaitan langsung antara kompetensi. Yang dimiliki Sumber daya manusia dengan perkembangan yang akan di alami oleh perusahaan.  Dengan kita sebagai pelaku bisnis memahami  konseptual dari kaitan keduanya maka akan semakin mudah kita menjelaskan kaitan antara SDM dengan perusahaan :

  1. Apapun kondisinya yang namanya perusahaan sudah pasti mereka ingin agar SDM yang di milikinya memiliki kompetensi  yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang bersangkutan. Ketika SDM yang bersangkutan memiliki kompetensi yang baik maka sudah bisa di tentukan  jalannya perusahaan akan semakin baik. Tetapi sebaliknya jika kompetensi yang di miliki perusahaan kurang  baik, maka bisa di pastikan jalannya perusahaan menjadi kurang lancar.
  2. Apapun kondisinya yang namanya perusahaan sudah pasti ingin agar SDM yang dimilikinya bisa loyal terhadap perusahaan. Ketika SDMnya loyal sudah pasti perusahaan akan di  untungkan karena program kerja. Yang di jalankan oleh perusahaan akan bisa di tuntaskan oleh  SDM yang bersangkutan. Tetapi  jika pada akhirnya SDM yang ada dalam perusahaan tidak loyal maka sulit bagi perusahaan. Untuk meyakinkan manajemen bahwa program kerja yang akan di jalankannya bisa lancar.

Berdasarkan kondisi itulah, maka sebuah perusahaan akan berusaha memberikan motivasi dan dukungan kepada semua   SDM yang ada dalam sebuah perusahaan agar bisa berjalan dengan lancar. Sehingga masalah motivasi dan dukungan menjadi satu hal yang mesti di persiapkan dengan cukup baik agar hasilnya bisa lebih maksimal.

5 Cara  Dalam Menumbuhkan Motivasi SDM dalam Perusahaan Bisnis

Bagi anda yang saat  ini masih bingung untuk menentukan konsep atau strategi seperti apa  yang akan bisa di jalankan oleh perusahaan. Dalam upayanya menumbuhkan motivasi dalam diri sumber daya manusia dapat di lakukan dengan beberapa cara :

  1. Hal pertama yang perlu harus menjadi perhatian adalah dengan membangun satu lingkungan bisnis dan lingkungan kerja yang menyenangkan.   Tidak saja untuk perusahaannya sendiri tetapi juga untuk Sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan  tersebut.
  2. Hal kedua yang mesti menjadi perhatian perusahaan dalam rangka menumbuhkan rasa motivasi diri. Dari sumber daya manusia adalah dengan adanya motivasi dalam kaitan pemberian bonus dan reward terhadap kinerja dari Sumber daya manusia yang bersangkutan.
  3. Hal ketiga yang juga mesti menjadi perhatian perusahaan  adalah dengan membangun sistem dan komunikasi yang bisa berjalan secara dua arah. Artinya komunikasi tersebut tidak hanya dari manajemen ke Sumber daya manusia. Tetapi juga bisa dari Sumber daya manusia ke manajemen dengan menyesuaikan kondisi dan materi  komunikasi yang di maksud.
  4. Hal keempat yang bisa di jalankan oleh perusahaan kepada Sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan adalah dengan membangun keterbukaan. Hal itu penting agar tercipta satu mekanisme komunikasi yang baik.
  5. Hal kelima  yang  juga mesti menjadi perhatian dari perusahaan  dalam membangun training atau program diklat yang berguna untuk meningkatkan skill dari sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.

Tips Membantu Untuk Meningkatkan Motivasi  SDM dalam Perusahaan

Selain beberapa hal  yang telah di jelaskan diatas, pada akhirnya untuk bisa memberikan motivasi kepada SDM yang ada dalam sebuah perusahaan. Perlu juga adanya beberapa tips yang bisa di jalankan dengan melihat situasi dan  kondisi yang ada pada saat itu. Seperti yang terjadi dalam sebuah perusahaan misalnya, karena karakter perusahaan satu dengan lainnya berbeda. Maka  cara terbaik yang bisa di jalankan adalah dengan memperhatikan beberapa tips berikut dan melakukannya dengan penyesuaian yang ada.

  1. Cobalah manajemen perusahaan berusaha untuk mendengarkan dan menghargai ide ide atau masukan yang diberikan oleh Sumber daya manusia. Kesemua itu menjadi penting agar SDM merasa dirinya di hargai secara baik  oleh perusahaan. Dengan cara seperti itu  maka SDM akan merasa terwakili suaranya.
  2. Cobalah manajemen untuk mengapresiasi sekecil apapun yang dilakukan oleh SDM. Dengan cara seperti itu maka SDM akan merasa dirinya dan keberadaannya adalah bagian dari  keluarga besar perusahaan.
  3. Cobalah untuk mengurangi mengkritik atau mengkoreksi apapun yang di sampaikan oleh SDM. Ada baiknya bersifat menampung saja, sehingga SDM merasa lebih terwakili suaranya dengan apa yang menjadi harapannya untuk memberikan suaranya kepada perusahaan.
  4. Cobalah pihak manajemen untuk melakukan interaksi  secara sosial.  Dengan cara seperti itu maka SDM akan terbiasa untuk mencoba membuka interaksi sosial dengan pihak manajemen dan ini bagus untuk meningkatkan interaksi dan komunikasi.
  5. Cobalah  pihak manajemen melakukan atau membuat sebuah suasana kantor atau tempat kerja yang cukup nyaman untuk semua SDM yang ada. Dengan cara seperti itu  maka SDM akan lebih nyaman dalam bekerja.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi perhatian manajemen. Dalam upayanya untuk meningkatkan motivasi dan komunikasi terbaik  bagi SDM  yang ada dalam sebuah perusahaan.

Lantasan bagaimana jika anda mengalami kendala dalam penerapan implementasi di bidang HRD untuk itu tidak perlu khawatir karena di FR Consultant Indonesia memiliki layanan payroll yang dapat membantu untuk mengimplementasikan HRD di perusahaan anda.

0 Response to "Fungsi SDM dan Konsep Motivasi SDM Guna Menunjang Karir SDM di Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel