Arti Payroll Untuk Perusahaan dan Manfaat yang Dirasakan - Melek Pembukuan

Arti Payroll Untuk Perusahaan dan Manfaat yang Dirasakan

 

Banyak orang yang masih bingung tentang arti payroll untuk perusahaan. Padahal, mungkin ini adalah istilah yang sering di dengar di kantor. Secara singkat, payroll bisa diartikan sebagai sistem penggajian.

Nantinya, sistem payroll ini akan mengatur berapa pendapatan tiap karyawan. Pendapatan tersebut termasuk gaji pokok, tunjangan, uang lembur, dan benefit lainnya. Penggunaan sistem ini pada dasarnya menggantikan proses manual.

Arti Payroll untuk perusahaan
Businesspeople meeting plan analysis graph company finance strategy statistics success concept and planning for future in office room.

Selain lebih cepat, penggunaan sistem payroll juga untuk mengantisipasi adanya kesalahan manusia. Sistem ini akan sangat berguna pada perusahaan yang memiliki banyak karyawan. 

Bisa dibayangkan, betapa rumitnya menghitung gaji lebih dari 1000 karyawan misalnya. Yang mana beberapa karyawan akan mendapatkan gaji pokok, tunjangan, dan benefit lain dengan nominal yang berbeda

Mengenal Tentang Apa Arti Payroll Untuk Perusahaan

Jika dilihat secara pengertian, maka payroll adalah sistem penggajian yang perusahaan lakukan. Tujuannya adalah untuk membayar gaji dari para karyawannya setiap satuan waktu tertentu. Mulai setiap bulan atau setiap minggu.

Dalam beberapa hal, sistem ini akan memudahkan user untuk melakukan pembayaran gaji dalam satu kali proses. Jika dilihat secara sistem, arti payroll untuk perusahaan tidak hanya membayarkan gaji pokok.

Namun dalam pengaturannya, sistem akan mengatur semua tambahan yang karyawan dapatkan misal tunjangan, uang lembur, dan lainnya. Di lain sisi, sistem juga akan mengatur semua pengurangan yang dikenakan pada karyawan. 

Contohnya adalah pajak, iuran BPJS, dan lainnya. Nantinya hasil dari semua proses tersebut merupakan nilai gaji yang akan karyawan terima pada periode tersebut

Berikut Beberapa Manfaat Menggunakan Payroll Perusahaan

Setelah paham dengan arti payroll, maka mungkin kamu akan bertanya tentang manfaat dari payroll. Salah satu manfaat utama dari penggunaan sistem ini adalah kerja HR yang akan menjadi lebih cepat. 

Baik dalam masalah penggajian maupun penilaian performa dari karyawan. Hal ini karena sistem ini biasanya juga terintegrasi langsung dengan absensi. Artinya, HR juga bisa langsung melihat bagaimana performa karyawan. Beberapa manfaat lain dari sistem payroll antara lain:

1. Laporan Gaji Lebih Rinci

Jika melihat arti payroll, maka semua hal yang berkaitan dengan gaji akan dihitung. Itu artinya, jika dilihat dari segi laporan, maka karyawan akan mendapatkan laporan dengan lebih rinci.

Karyawan Bisa melihat berapa gaji pokok yang ia dapatkan. Selain itu, nilai dari tiap pemotongan dan penambahan jua bisa dilihat dengan lebih jelas dan detail.

2. Menghemat Banyak Waktu

Dalam banyak hal, maka penggunaan payroll bagi perusahaan juga akan sangat menghemat banyak waktu. Contohnya, proses hitung menghitung gaji akan menjadi sangat cepat. 

Selain itu, proses pembayaran juga akan bisa dilakukan hanya dalam satu kali proses. Proses penghitungan dengan menggunakan payroll juga memungkinkan pekerjaan bisa dilakukan oleh satu orang saja.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Karyawan dan Pentingnya Arti Payroll Untuk Perusahaan

Dengan paham arti payroll untuk perusahaan, maka kamu juga akan mengerti betapa bermanfaatnya sistem ini. Mungkin banyak yang bertanya, seberapa rumit sebenarnya proses penggajian karyawan ini? Atau, mengapa proses gaji menjadi rumit? 

Secara mudah bisa dijelaskan jika tiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda untuk masalah gaji. Sebagian memberikan gaji Secara penuh tanpa potongan dan tambahan. 

Baca Tautan Berikut : Talenta

Nantinya, gaji tambahan akan masuk di tanggal lain. Sementara potongan akan menjadi tanggung jawab karyawan. Namun beberapa perusahaan memilih untuk mengatur kebijakan gaji secara detail. 

Karyawan akan mendapatkan haknya, setelah dipotong pajak dan iuran. Perusahaan juga biasanya menetapkan gaji pokok. Besaran gaji pokok belum tentu sama dengan apa yang akan kamu dapatkan tiap bulannya. Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi besaran gaji tersebut?

1. Faktor Kehadiran

Dari arti payroll, terlihat jika sistem mengatur banyak faktor, termasuk masalah kehadiran. Beberapa perusahaan memberlakukan sistem uang kehadiran atau absensi. Nantinya, tiap karyawan yang datang tepat waktu mendapatkan uang ini. 

Di lain sisi, beberapa perusahaan juga menetapkan jika ada karyawan yang telat, maka akan berpengaruh pada gaji. Hal ini juga yang akan mempengaruhi gaji kamu dalam sistem payroll

2. Uang Lembur

Uang lembur adalah uang yang akan didapatkan setelah bekerja lebih dari waktu normal. Aturan lembur ini tergantung kebijakan perusahaan. Nantinya, besaran uang lembur akan mempengaruhi besaran gaji yang kamu dapatkan.

3. Tunjangan Lain

Sesuai dengan arti payroll di atas, tunjangan lain juga akan masuk ke dalam sistem. Besarnya tergantung pada kebijakan perusahaan. Beberapa tunjangan lain misalnya tunjangan jabatan, komunikasi uang makan, dan lainnya.

4. Bonus

Beberapa perusahaan juga memasukan faktor bonus ke dalam gaji. Jika aturannya seperti itu, maka pengaturan sistem payroll akan sangat membantu. Karena nilai bonus tidak akan sama dari waktu ke waktu.

5. Potongan atau Denda

Selain masalah penambahan, sistem payroll juga bisa melakukan pemotongan terhadap gaji yang kamu dapatkan. Salah satu potongan tersebut misalnya jika kamu memiliki utang atau jika kamu terkena denda.

6. Pajak

Dalam arti payroll untuk perusahaan juga mengatur pajak yang menjadi kewajiban karyawan dibayarkan perusahaan, maka potongannya juga akan masuk ke dalam sistem payroll. Salah satu contoh pajak tanggungan karyawan adalah PPh.

7. Iuran

Hal lain yang juga menjadi potongan untuk gaji adalah masalah iuran. Biaya iuran ini berupa iuran keanggotaan BPJS atau asuransi. Besaran iuran juga tergantung kebijakan dan aturan dari tiap perusahaan.

Jika dilihat dari semua hal di atas, bisa dibanyangkan betapa rumitnya proses penentuan gaji jika dilakukan dengan manual. Ada banyak komponen yang perlu dihitung, prosesnya pasti lama. 

Hal ini belum melihat jumlah karyawan yang banyak. Atau besaran nilai yang mungkin berubah setiap waktunya. Dari hal tersebut bisa terlihat seberapa penting arti payroll untuk perusahan khususnya HR.

0 Response to "Arti Payroll Untuk Perusahaan dan Manfaat yang Dirasakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel