Pilihan Software Aplikasi Manufaktur Terbaik - Melek Pembukuan

Pilihan Software Aplikasi Manufaktur Terbaik

Penggunaan software aplikasi manufaktur di berbagai bidang terkait, merupakan sebuah hal yang sangat umum. Selain dimanfaatan untuk menunjang aktivitas bisnis, perangkat lunak tersebut dinilai mampu mengefisiensi kinerja karyawan di organisasi.

Di tengah pesatnya teknologi informasi berbasis digital, penggunaan perangkat lunak sangat dibutuhkan untuk mempermudah aktivitas. Di mana setiap sistemnya dirancang secara khusus, untuk mengotomatisasi proses yang sangat kompleks dan berulang-ulang.

Software aplikasi manufaktur
engineer cooperation male and female technician maintenance control relay robot arm system welding with tablet laptop to control quality operate process work heavy industry 4.0 manufacturing factory

Beberapa pilihan perangkat lunak di bawah ini dirancang untuk menyederahanakan sebuah proses, sehingga lebih mudah dikerjakan. Beberapa di antaranya mampu mengoptimalkan penjadwalan dan alokasi sumber daya, agar memenuhi standar kualitas.

Jenis Software Aplikasi Manufaktur Beserta Fungsinya

Ada beberapa jenis perangkat lunak yang bisa digunakan oleh perusahaan di industri manufaktur. Bebera[a di antarnya adalah Manajemen invetaris (ERP), Manajemen supply chain (SCM), serta Manajemen sumber daya manusia (HRM).

Manajemen invetaris secara keseluruhan (ERP)

Jika diaplikasikan dengan baik, pihak perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola inventarisnya di beberapa pabrik. Dari sana, mereka mampu memantau ketersediaan stok dan mengalokasikan semua sumber daya melalui satu sistem.

Perangkat luna untuk manajemen inventaris itu terdiri dari beberapa komponen utama sebagai pelaksana tugasnya. Mulai dari manajemen stok level, Manajemen Pengadaan, Manajemen Pemasokm hingga forecasting, dengan fungsi yang saling terkait.

Manajemen supply chain (SCM)

Software aplikasi manufaktur seperti manajemen supply chain (SCM), atau rantai distribusi, digunakan untuk mengelola pendistribusian barang. Mulai dari pemasok bahan baku, melalui produsen, dan akhirnya ke konsumen atau pengguna akhir.

Fitur-fitur utamanya terdiri dari manajemen order, inventory, pelacak pengiriman, planning dan forecasting, serta manajemen pengembalian. Kombinasi dari fitur tersebut membuat produsen mampu mengendalikan biaya pembelian, hingga mengirimkan barang tepat waktu.

Baca juga : Siapa Takut Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

Manajemen sumber daya manusia (HRM)

Karyawan merupakan salah satu aset terpenting pada industri manufaktur, karena kemampuannya memastikan proses produksi tetap berjalan. Agar kinerjanya tetap efektif, perangkat lunak HRM dapat membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Penggunaan softare HRM yang terintegrasi dengan data karyawan sangat menguntungkan. Perusahaan bisa mengelola gaji berdasarkan jam kerjanya, melacak kehadiran maupun cuti, Memfasilitasi survei kepuasan karyawan, hingga memastikan kelancaran proses rekrutmen.

Pilihan Perangkat Lunak yang Dibutuhkan Industri Manufaktur

Beberapa fitur software aplikasi manufaktur seperti ulasan sebelumnya, bisa Kamu temui pada beberapa perangakt lunak di bawah ini. Mulai dari Hubstaff, Netsuite Manufacturing, serta Global Shop Solutions, dengan kelebihannya masing-masing.

Hubstaff

Hubstaff menyediakan fitur pemantauan secara real-time guna mendorong perencanaan yang lebih baik, penjadwalan tim, dan manajemen SDM. Data tersebut dikumpulkan secara otomatis secara online,dan dimasukkan ke dalam laporan analitis.

Fitur lainnya adalah faktur dan penggajian online yang dilakukan secara otomatis, sehingga prosesnya lebih cepat dan efisien. teknologi top-of-the-line-nya juga mampu mencatat waktu masuk dan keluar karyawan saat mereka bekerja.

Netsuite Manufacturing

Software aplikasi manufaktur seperti Netsuite Manufacturing dirancang secara khusus untuk menangani semua proses manufaktur. Perangkat lunak ERP buatan Oracle ini telah dibekali dengan teknologi berbasis cloud agar lebih mudah diakses.

Kemampuan terbaik dari Netsuite Manufacturing ini adalah manajemen hubungan pelanggan (CRM), data produk terpusat, dan penanganan pesanan. Sangat cocok diaplikasikan oleh perusahaan manufaktur yang memproduksi barang konsumsi hingga perangkat medis.

Global Shop Solutions

Software aplikasi manufaktur bisa dikatakan sebagai yang terbaik jika kinerjanya mampu menyederhanakan proses yang rumit. Salah satunya adalah Global Shop Solutions dengan fitur-fitur utama seperi manajemen inventaris hingga kontrol kualitas.

Selain itu, platform ini juga menyediakan CRM, perpesanan dan iklan kepada produsen, biaya pekerjaan, konfigurator produk, hingga manajemen toko. Cakupan penggunanya meliputi manufaktur pembuatan mesin, dirgantara, plastik, karet, hingga kayu

Manfaat Menggunakan Software bagi Perusahaan Manufaktur

Penggunaan software apliakasi manufaktur yang efektif, memberikan banyak manfaat pada perusahaan manufaktur. Beberapa di antaranya adalah penyimpanan data yang lebih aman, kontrol inventaris lengkap, hingga mampu mengotomatisasi beberapa tugas sekaligus.

Penyimpanan data menjadi lebih aman

Perangkat lunak yang terintegrasi dengan sistem milik perusahaan, sangat memudahkan kinerja karyawan. Mereka dapat mengakses berbagai data melalui satu sistem dengan hak akses khusus yang bertanggung jawab untuk mengelola data.

Dengan kemampan semacam ini, keamanan data akan terjamin sepanjang aksesnya diberikan kepada orang yang tepat. Biasanya, fitur dengan akses secara online tersebut menggunakan teknologi penyimpanan berbasis awan atau cloud computing.

Memudahkan untuk mengontrol inventaris barang

Software aplikasi manufaktur untuk inventaris secara umum digunakan untuk memantau pergerakan stok internal dan eksternal barang secara akurat dan real time. Hal tersebut merupakan faktor penting untuk melancarkan kinerja bisnis.

Fitur semacam ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi jumlah keseluruhan stok produk yang akan didistribusikan. Melalui sistem monitoring terkontrol, perusahaan mampu mengelola pembelian maupun pengadaan barang secara lebih efektif dan efisien

Mengotomatisasi perintah kerja di setiap divisi

Software aplikasi manufaktur juga mampu mengotomatisasi perintah kerja di beberapa bagian tertentu. Beberapa di antaranya mencakup tanggal dan waktu pelaksanaan, nama pelanggan, pesanan penjualan, kontrak penjualan, hingga jumlah kuantitas produk.

Selain itu, setiap perintah kerja yang memiliki kode perutean akan memudahkan manajemen memantau alurnya. Supervisor dapat memeriksa setiap tugas berdasarkan perintah kerja yang dibuat, serta memastikan prosesnya diselesaikan dengan baik.

Penggunaan perangkat lunak merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh industri manufaktur pada saat ini. Sistem di dalamnya secara umum dibangun untuk menyederhanakan seluruh operasi, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. Karena bidang manufaktur merupakan salah satu industri dengan tingkat persaingan kompetitif, produsen dituntut untuk menjadi yang terbaik. Salah satunya diraih dengan cara menggunakan software aplikasi manufaktur, agar mampu mengefisiensi kinerjanya.

0 Response to "Pilihan Software Aplikasi Manufaktur Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel