Perencanaan Keuangan cara hemat mengelola keuangan secara benar - Melek Pembukuan

Perencanaan Keuangan cara hemat mengelola keuangan secara benar

 perencanaan-keuangan

Keuangan itu salah satu instrumen yang tidak akan habis sejak kita lahir hingga meninggal. Karena kondisinya adalah selama kita masih hidup keuangan adalah salah satu hal yang mesti ada.  Dimana untuk tujuan  itu agar semua hal bisa berjalan secara lancar, maka perencanaan keuangan adalah salah satu caranya .

Perencanaan adalah salah satu dasar dari komponen pengelolaan, dimana perencanaan akan bisa menjadi kunci pada saat implementasi keuangan. Sehingga ketika kita bicara soal perencanaan yang berhubungan dengan uang, maka itu akan berdampak  negatif dan positif pada hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaannya itu sendiri.

perencanaan-keuangan
Asian elderly couple feeling happy smiling and looking to camera while relax in living room at home. Enjoying time lifestyle senior family at home concept. Portrait looking at camera. sumber

Karena yang namanya keuangan atau finance, apapun kondisinya sudah pasti mesti menjadi pemikiran kita sehari-hari terlebih jika kita fokuskan pada keuangan  yang berhubungan dengan bisnis. Siapapun kita adanya,  baik orang dari skala ekonomi apapun, masalah keuangan akan selalu menjadi hal yang secara jelas harus di perhatikan. Karena jika masalah ini tidak secara jelas dan tegas di  bicarakan maka akan bisa berdampak cukup  panjang. Seperti misalnya ketika kita sedang merencanakan dan mengelola sebuah bisnis, ketika pengelolaan keuangan tidak dilakukan secara benar jangan berharap anda bahwa bisnis yang di jalankan akan bisa bertahan cukup lama.

Apa sebenarnya Perencanaan dalam masalah keuangan, sehingga begitu penting untuk kita

Seperti yang di kemukakan oleh banyak pakar dan ilmuwan  bahwa perencanaan itu adalah sebuah proses awal yang dijalankan oleh kita. Dimana tujuan dari perencanaan itu sudah pasti adalah agar hasil akhir yang kita dapatkan adalah positif dan menguntungkan jika di kaitkan dengan masalah keuangan. Karena apapun kondisinya, sebuah aktivitas apalagi yang berhubungan dengan bisnis akan sukses jika di rencanakan secara matang dan benar.

Itulah kenapa, kita anda ingin mengelola masalah keuangan dengan benar, maka satu hal yang mesti di persiapkan sejak awal adalah terkait masalah perencanaan. Dengan perencanaan yang benar kita akan bisa menganalisa jalannya proses yang terjadi. Tetapi sebaliknya, jika kita dalam bisnis tidak ada perencanaan jangan harap kita bisa menganalisa jika disuatu kondisi bisnis kita mengalami kerugian bahkan bangkrut.

Oleh karena itu sejatinya memang ketika kita masih baru dalam menjalankan sebuah bisnis, menentukan pola bisnis dan skema kerja bisnis yang benar harus di persiapkan dengan sebuah perencanaan yang  matang.  Tetapi jangan bingung, jika saat ini anda merasa dengan kemampuan  yang anda miliki belum sanggup. Ada konsultan yang bernama FR Consultant Indonesia yang siap menjadi media komunikasi anda untuk bisa menjadi pendamping untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan akhir dari cita-cita bisnis yang ingin anda jalankan.

7  Strategi perencanaan keuangan bagi anda dan keluarga anda

Setidaknya dengan kita membuat sebuah perencanaan yang matang, maka kita akan bisa melihat proses yang berjalan. Harapannya ketika ada di satu step perjalanan terjadi masalah maka akan lebih mudah bagi kita  untuk segera merubah atau mereview kembali strategi bisnis yang telah di buat.   Tidak perlu malu untuk melakukan review dari perencanaan yang ada, tetapi malu lah jika pada akhirnya bisnis anda hancur karena kurangnya persiapan dan perencanaan yang baik.

Baca juga : Jangan Ngaku Pebisnis, Jika Sistem Akuntansi & Pembukuan Belum Anda Jalankan

Ada 9 strategi yang bisa anda jalankan untuk merencanakan sebuah proses masalah keuangan agar anda  bisa lebih siap dalam mengantisipasi kondisi yang ada.  Dengan mempelajari beberapa hal berikut tidak usah cemas jika pada akhirnya justru anda yang akan bisa mendapatkan keuntungannya.

  1. Pertama  yang mesti anda lakukan adalah melihat sejauh apa tujuan dari perencanaan  financial  yang  ingin anda wujudkan. Karena setiap orang atau pelaku bisnis sudah pasti akan tahu seperti apa perencanaan yang bersifat global dan micro . Karena sebuah bisnis akan bisa di eksplore ketika bisnis tersebut memang terlihat di rencanakan dengan lebih baik, sehingga bisa di katakan bahwa bisnis tersebut menarik untuk di kembangkan.  
  2. Kedua sebaiknya anda mulai  melakukan pencatatan semua hal yang berhubungan dengan  pemasukan da pengeluaran. Dengan cara seperti itu anda akan tahu seperti apa cashflow keuangan  bisnis kita.
  3. Ketiga yang perlu anda persiapkan adalah masalah dana darurat atau dana cadangan. Sebuah bisnis perlu yang namanya dana cadangan, karena akan bisa memberikan satu solusi terbaik ketika di tengah jalan bisnis kita mengalami satu masalah.
  4. Keempat ada baiknya kita berusaha untuk komit apa  yang menjadi hutang dan proses pembayarannya.  Karena  dengan cara seperti itu akan bisa memberikan kemudahan bagi anda juga dalam merencanakan sebuah proses pembayaran hutang.
  5. Kelima adalah mencoba mencari alternatif  investasi yang kita  yakini bisa memberikan  dampak positif bagi bisnis yang kita jalankan.  Sehingga investasi tersebut mampu menjadi supporting dari bisnis  yang kita kembangkan.
  6. Keenam adalah sebaiknya kita selalu berdamai dengan  yang namanya asuransi. Karena hal itu bisa menjadi salah satu solusi pertolongan yang sangat tepat dimasa kita tidak memiliki dana untuk  bayar hutang misalnya.
  7. Ketujuh adalah bagaimana kita mencoba melakukan perencanaan  yang matang. Karena agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar, masalah strategi dan bagaimana cara implementasinya menjadi salah satu hal yang penting juga  harus di pahami.

Jangan pernah ragu untuk memulai, selama syaratnya and sudah melakukan perencaaan  keuangan dengan baik maka mustahil bisnis anda akan rugi. Karena perencanaan itu akan  menjadi salah satu solusi ketika anda sedang menjalankan bisnis. Dari pada anda bingung ketika sedang menjalankan usaha, maka ada baiknya masalah perencanaan di rencanakan dengan baik saat ini.

0 Response to "Perencanaan Keuangan cara hemat mengelola keuangan secara benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel