Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda! - Melek Pembukuan

Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

 laporan keuangan

Laporan keuangan tahuan selalu menjadi aspek wajib bagi sebuah perusahaan. Laporan keuangan tahunan biasa juga disebut sebagai annual report untuk perusahaan. Annual report bisa diartikan sebagai laporan keuangan dari seluruh kegiatan dalam perusahaan untuk kurun waktu satu tahun. Laporan ini bisa dipastikan penting untuk setiap pengusaha. Karena dengan annual report, Anda akan bisa mengetahui bagaimana dan apa yang terjadi pada bisnis Anda selama satu tahun ke belakang.

Sekali pun bagi pengusaha yang baru merintis, membuat annual report memang kerap sedikit merepotkan. Anda bisa menggunakan pihak ketiga untuk membantu membuat annual report andaikan diperlukan.

Laporan keuangan tahunan kerap dibuat untuk pihak investor dan kreditur. Karenanya laporan jenis ini kerap dibuat secara ringkas, padat, namun juga jelas. Di dalamnya tentu berisikan manajemen kondisi keuangan perusahaan yang sedang berjalan saat ini, beserta pula perencanaan yang sedang dibangun untuk di masa depan.

Di artikel kali ini, Anda akan menemukan:

  1. Mengenal laporan keuangan tahunan.
  2. Manfaat laporan keuangan tahunan.
  3. Elemen penting yang harus ada.
  4. Gunakan konsultan keuangan untuk mempermudah Anda!

Mengenal laporan keuangan tahunan.

Memahami catatan laporan keuangan, seperti Anda bisa membayangkan catatan harian usaha yang berisikan tentang berbagai macam kegiatan transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Baik yang merupakan transaksi penjualan atau lain, yang pada dasarnya memiliki nilai ekonomi atau moneter.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan.

Laporan ini biasanya dibuat sesuai dengan periode tertentu. Tapi annual report atau laporan keuangan tahunan adalah jenis laporan keuangan yang dibuat untuk mengetahui berbagai bentuk kegiatan keuangan bisnis dalam kurun waktu satu tahun.

Seorang pengusaha bisa mengetahui kondisi keuangan bisnisnya dengan melihat annual report. Dengan begitu, Anda bisa melakukan evaluasi dan mengambil berbagai tindakan pencegahan atau peningkatan yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. Anda pun akan dapat mendeteksi masalah yang ada lebih awal, sehingga ke depan Anda bisa mengatur ulang strategi jalannya perusahaan.

Menyadari bahwa laporan keuangan ini begitu penting, maka sudah sebaiknya kalau Anda menyerahkan pembuatannya kepada rekan-rekan yang profesional di bidang ini, yang biasa disebut akuntan. Seorang akuntan harus bisa membuat dan mempresentasikan laporan tersebut di hadapan Anda sebagai pemilik, atau pun para stakeholder yang lain.

Dengan begitu, sekarang telah jelas bahwa annual report adalah bentuk dokumentasi berbagai transaksi keuangan pada suatu perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Tanpa adanya annual report, Anda akan kesulitan melakukan evaluasi atau mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Baca juga : 9 Tips Sukses Saat Meeting Dengan Calon Klien

Manfaat laporan keuangan tahunan.

Mengetahui pentingnya peran annual report, maka bisa disimpulkan bahwa laporan tersebut juga memiliki manfaat yang kuat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menjadi buku penilaian keuangan usaha

Secara jelas, annual report dapat menjadi buku penilaian tentang keuangan usaha yang sedang Anda jalani. Karena menyajikan seluruh informasi terkait kondisi ekonomi dan moneter perusahaan dalam kurun waktu satu tahu.

Laporan keuangan dapat menjadi media untuk melakukan penilaian yang rinci. Anda sebagai pemilik pun akan dapat meihat, apakah perusahaan atau bisnis yang Anda jalani mendapatkan profit yang baik? Atau tidak? Profit yang baik dapat berarti perusahaan berkembang sesuai rencana. Namun apabila tidak, Anda tentu harus melakukan langkah lain atau strategi baru untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Menjadi media untuk melakukan evaluasi

Mengetahui sifat laporan keuangan yang rinci dan dituntut untuk rapi, maka bisa disetujui apabila laporan keuangan dikatakan sebagai media untuk melakukan evaluasi keuangan perusahaan. Tanpa laporan keuangan, tentu evaluasi keuangan akan sulit dilakukan.

Laporan keuangan bisa menjadi parameter untuk evaluasi, yang menjelaskan permasalahan apa yang sedang dialami oleh perusahaan. Andai terjadi kemajuan, bagaimana cara mempertahankannya? Andaikan terjadi kemunduran performa perusahaan, maka apa penyebabnya sekaligus bagaimana cara mengatasinya?

Ketika proses evaluasi berjalan lancar karena dibantu dengan annual report yang rinci, tepat dan akurat. Maka Anda dan para pemegang saham pun akan bisa memutuskan strategi paling tepat yang selanjutnya bisa dijalankan, dan bagaimana cara mempertahankan performa keuangan perusahaan untuk tetap di kondisi prima.

3. Menjadi alat daya jual di mata Investor dan Kreditur

Ketika perusahaan atau bisnis Anda memiliki rekam jejak keuangan yang baik. Maka otomatis peluang Anda untuk mengajukan kerjasama dengan investor pun akan terbentang lebih lebar dan lancar. Begitu pula ketika Anda ingin mengajukan pinjaman.

Annual report yang baik dapat menjadi daya jual bisnis Anda ketika Anda ingin melakukan ekspansi. Karena laporan keuangan yang baik telah menjadi bukti rinci, bahwa bisnis Anda berjalan sesuai dengan harapan.

Penyajian data transaksi atau moneter yang rinci dan mudah dipahami juga membuat Investor atau pun kreditur dapat menangkap dengan jelas bagaimana kondisi keuangan terkini pada perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda pun harus bisa memberikan laporan keuangan secara profesional. Tanpa mengabaikan elemen-elemen penting yang seharusnya ada pada pembuatan laporan keuangan.

4. Menjadi bentuk perwakilan tanggung jawab perusahaan

Katakan Anda sudah mendapatkan investor atau kreditur untuk ekspansi bisnis Anda. Maka laporan keuangan ini pun akan bisa menjadi bentuk pertanggungjawaban kinerja perusahaan Anda terhadap investor.

Ketika hasil laporan memberikan nilai positif, maka paling tidak sudah tersirat. Bahwa bagian internal manajemen perusahaan sudah berjalan dengan baik, sesuai porsinya masing-masing. Karena terbukti telah memberikan kinerja yang maksimal. Sedangkan sebaliknya, apabila tidak, maka akan tampak bahwa ada bagian internal dari perusahaan yang tidak berjalan seperti yang seharusnya. Sehingga perbaikan pun menjadi diperlukan.

Maka dari itu, jagalah nilai positif pada laporan keuangan Anda.

Kalau pun Anda rupanya mengalami kesulitan untuk menentukan konsep dan strategi bisnis serta keuangan, Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan seperti FR Consultant Indonesia.

Elemen penting yang harus ada.

Setelah mengatahui manfaatnya, sekarang waktunya Anda mengetahui cara membuatnya. Laporan keuangan harus dibuat disertai dengan elemen-elemen berikut, supaya terjaga keabsahannya.

1. Ringkasan data keuangan perusahaan

Atau ikhtisar terkait data keuangan ini tentu harus ada dan tercantum. Ringkasan ini juga menyertakan berbagai bentuk informasi, terkait saham yang juga sempat diterbitkan oleh perusahaan. Kalau pun pernah terjalin aksi korporasi, maka hal itu wajib ada di dalamnya beserta penjelasannya.

2. Laporan dari Dewan Komisaris, Dewan Direksi, dan profil perusahaan

Annual report juga perlu mencantumkan laporan kinerja perusahaan dan prospek ke depannya. Yang bisa disebut sebagai Laporan Dewan Komisaris, dan telah dibuat serta disusun oleh para Direksi. Kalau pun sampai ada perubahan komposisi dewan, ini pun perlu dicantumkan.

Tak lupa juga adanya profil perusahaan, yang berisikan nama, riwayat singkat, visi dan misi, alamat, nomor telepon, email dan website perusahaan.

3. Analisis keuangan dari pihak manajemen

Laporan ini juga perlu berisikan penjabaran data dan analisis dari kondisi keuangan yang ada. Yang telah dibuat dan diperiksa secara teliti oleh pihak manajemen.

4. Tata kelola perusahaan

Memberikan informasi yang jelas terkait aktivitas yang dilakukan perusahaan, dan hubungannya dengan para pemegang saham.

5. Tanggung jawab sosial perusahaan

Pihak perusahaan juga perlu mencantumkan laporan terkait, apabila perusahaan memiliki berbagai program kebijakan. Seperti misalnya, program kebijakan terhadap lingkungan hidup dan sosial, jenis program apa saja dan berapa biaya yang kerap dikeluarkan. Termasuk juga tanggung jawab perusahaan terhadap praktik ketenagakerjaan dan keselamatan para pekerja.

6. Annual report perusahaan yang sudah diaudit terlebih dulu

Setiap laporan yang dimasukkan ke dalam annual report, harus sudah disusun dan dirapikan terlebih dulu. Sesuai standar akuntansi di Indonesia.

7. Tanda tangan para petinggi

Setiap laporan keuangan tahunan (annual report) yang dibuat, wajib dan harus ditandatangani oleh seluruh anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang sedang menjabat.

Baca juga : Ruginya Bisnis Tanpa Legalitas!

Gunakan Konsultan Keuangan untuk mempermudah Anda!

Anda pasti mulai menyadari bahwa membuat annual report tidaklah mudah. Oleh karenanya dibutuhkan tenaga ahli profesional yang juga dikenal sebagai akuntan dalam proses membuat laporan keuangan. Nah, buat Anda yang baru saja merintis bisnis, Anda bisa sekali menggunakan layanan akuntansi tanpa perlu merekrut seorang akuntan. Tentu secara biaya, menjadi lebih hemat dan ekonomis. Sehingga tidak membebani usaha Anda.

Seandainya Anda mengalami kesulitan untuk membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan performa usaha Anda, Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis milik FR Consultant Indonesia. Kami juga berperan sebagai penyedia jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan untuk usaha.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991. (fr)

0 Response to "Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel