Akuntansi Manajemen : Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya - Melek Pembukuan

Akuntansi Manajemen : Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

 Akuntansi Manajemen : Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

Dalam dunia usaha ada yang namanya bahasa bisnis. Akuntansi manajemen mungkin bisa dikatakan sebagai bahasa bisnis tersebut, yang berperan untuk mengelola jalannya kestabilan perusahaan tempat di mana bisnis bernaung. Tanpa adanya akuntansi manajemen, perusahaan Anda akan kesulitan menyajikan bentuk laporan keuangan atau pun operasional.

Proses ini pun bertujuan untuk menyajikan segala bentuk laporan sebagai satuan usaha dalam kepentingan pihak internal dalam melaksanakan proses manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan & pengendalian.

Akuntansi Manajemen Menurut Ahli:

Akuntansi manajemen memiliki pengertian khusus yang perlu dipahami oleh seorang Pengusaha. Menurut RA Supriyono (1993:8), beliau mengatakan akuntasi manajemen adalah berdasarkan Management Accounting Practices (MAP) komite yang dibentuk oleh National Association of Accountants (NAA) bahwa akuntansi manajemen ialah suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial yang digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi atau peusahaan, serta menjamin ketepatan penggunaan sumber dan pertanggungjawaban atas segala sumber tersebut.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan.

Dalam akuntansi manajemen juga terdiri dari penyiapan laporan finansial untuk kelompok-kelompok non manajemen seperti para kreditur, pemegang saham, penguasa perpajakan dan lembaga-lembaga lain.

Sedangkah menurut Mulyadi (2001:2), akuntansi manajemen merupakan suatu informasi keuangan yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang digunakan terutama oleh pengguna intern suatu organisasi.

Lalu, seperti apa penerapannya?

Penerapan Akuntansi Manajemen

Dilansir dari jurnal.id, penerapannya meliputi beberapa hal yang bisa Anda ketahui. Penerapan ini pada dasarnya dilaksanakan pada sebuah perusahaan atau badan usaha. Berikut di antaranya:

1. Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen atau pihak internal perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Informasi tersebut dibutuhkan manajemen sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan menilai hasil yang telah dicapai. Misalnya untuk Departemen Produksi, manajer di bagian produksi akan membutuhkan data akuntansi manajemen mengenai rincian biaya produksi, berapa harga pokoknya, sampai informasi detail mengenai harga produk per unit.

Akuntansi manajemen nantinya juga bisa digunakan sebagai panduan perencanaan operasional terkait berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi inti dan berapa banyak biaya overhead yang sekiranya harus dibayarkan demi menunjang operasional tersebut.

2. Mengidentifikasi,mengukur dan melaporkan informasi keuangan dalam bentuk suatu laporan keuangan yang sistematis, transparan dan detail.

Ini memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan suatu informasi tersebut di mana titik sentralnya bagi pihak-pihak dalam suatu organisasi perusahaan. Misalnya kalkulasi biaya produk, kalkulasi biaya suatu kegiatan, kalkulasi biaya suatu departemen.

3. Untuk menyajikan suatu laporan sebagai satu kesatuan usaha.

Untuk kepentingan pihak internal dalam rangka menjalankan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

3 Fungsi Penting Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen memiliki fungsi penting yang tidak bisa diabaikan. Karena tanpanya, kinerja perusahaan akan mengalami kepincangan. Berikut 3 di antaranya yang menjadi fungsi Akuntansi Manajemen bagi perusahaan:

1. Sebagai Alat Analisa untuk Pengambilan Keputusan

Fungsi yang pertama adalah sebagai dasar pengambilan keputusan. Baik keputusan yang berhubungan dengan data kuantitatif maupun data kualitatif.  Akuntansi sendiri sangat dibutuhkan karena di sana terdapat informasi data yang penting bagi perusahaan. Terutama yang berhubungan dengan strategi kepemimpinan selanjutnya yang tentunya harus bersandar pada data perusahaan yang valid.

2. Sumber Data dan Informasi Keuangan yang Relevan

Jenis akuntansi ini juga berfungsi untuk menyediakan data-data keuangan yang valid. Karena nantinya, laporan dari sana yang akan dijadikan sumber data baik dalam perencanaan anggaran ke depan maupun action-nya.

Nah, jika laporan akuntansi terbentuk, tentu itu bisa dijadikan dasar biaya operasional perusahaan. Tentunya harus divalidasi terlebih dahulu atas dasar kesepakatan bersama antara internal dan eksternal perusahaan.

3. Mengukur dan Monitoring terhadap Kinerja Perusahaan

Seusai dengan opsi tugasnya, manajemen adalah melakukan tindakan pengawasan atas aktifitas perusahaan. Proses akuntansi ini juga berfungsi sama. Sedangkan salah satu materi yang dijadikan dasar pengawasan adalah data-data keuangan. Pengawasan sendiri dilakukan semata untuk mencari bahan evaluasi. Karena dari controlling bisa terlihat mana strategi yang berjalan atau terhenti dan tidak berkembang.

Tak hanya itu dengan adanya evaluasi berbasis akuntansi manajemen, maka bisa ditentukan langkah-langkah ke depan. Bagaimana sekiranya penjualan di periode yang akan datang lebih baik dibandingkan yang sekarang.

Ruang Lingkup Atau Orang Yang Berperan Di Dalamnya

Yang dimaksud dengan ruang lingkunya, adalah orang-orang yang berperan dalam ranah akuntansi manajemen. Atau dengan kata lain, mereka yang memiliki andil untuk terlibat dengan akuntansi manajemen. Siapa aja sih? Berikut ini adalah pihak-pihak yang masuk ke dalam ruang lingkup akuntansi manajemen:

1. Manajer Produksi

Ruang lingkup yang pertama adalah manajer produksi. Seorang manajer produksi memang harus memegang laporan ini. Karena hampir semua informasi yang ada di dalamnya dibutuhkannya. Seorang manajer produksi membutuhkan rincian detil yang terkait dengan biaya harga produk produksi. Termasuk di dalamnya semisal total biaya produksi, biaya unit dan biaya tenaga kerja langsung. Ini semuanya ada di dalam akuntansi manajemen.

Kalau pun Anda rupanya mengalami kesulitan untuk menentukan konsep dan strategi bisnis serta keuangan, Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan seperti FR Consultant Indonesia untuk Anda.

2. Manajer Keuangan

Ruang lingkup yang kedua adalah manajer keuangan. Yang mana seorang manajer keuangan pasti menerapkan akuntansi manajemen. Karena dari sana mereka akan mendapatkan rincian terkait dengan informasi beban biaya, tingkat pengembalian investasi dan selainnya.

3. Manajer Pemasaran

Ruang lingkup akuntasi manajemen yang ketiga adalah manajer pemasaran. Karena tentunya, bidang ini tidak mungkin bisa menentukan strategi pemasaran, jika rincian biaya tidak valid apalagi salah.

Selain itu dengan berdasarkan pada laporan akuntansi manajemen, maka bisa ditentukan berupa kebutuhan biaya pemrasaran yang harus dialokasikan. Termasuk berada diskon yang harus diberikan kepada konsumen.

4. Manajemen Inti

Manajemen inti juga ruang lingkup akuntansi  yang tidak boleh dilupakan. Karena mereka juga membutuhkan informasi perusahaan sebagai bahan kajian untuk menentukan kebijakan strategis berikutnya.

Bisa dibilang kerja manajemen inti ini lebih rinci lagi. Bahkan dari sinilah penyusunan anggaran, ekspansi usaha serta peluang investasi dijalankan dan dimulai. Maka dari itu, akuntansi manajemen adalah opsi yang memang sangat penting.

Kesimpulan

Dengan mengetahui secara lengkap tentang akuntansi manajemen dan menerapkan pada bisnis Anda, tentunya ini akan membuat seluruh pelaporan keuangan usaha lebih terencana dan terdistribusi dengan baik kepada seluruh bagian manajemen bisnis Anda.

Untuk kemudahan dalam proses penyampaian data keuangan pada keseluruhan manajemen, departemen, dan divisi Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur multi departemen seperti Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah mengelola alur keuangan dan pembukuan seluruh departemen, proyek, dan cabang dimanapun dan kapanpun Anda mau.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Memiliki fitur paling lengkap dengan harga yang sangat terjangkau, hanya 200 ribu perbulan untuk semua fitur yang Anda perlukan.

Manfaatkan Bantuan Jasa Konsultan Bisnis dan Keuangan

Terlepas dari pada itu, seandainya Anda pun masih kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri dengan software semacam Accurate, maka Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Akuntansi Manajemen : Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel