Tips Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan - Melek Pembukuan

Tips Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

 24.-Tips-Cara-Membaca-Laporan-Keuangan-Perusahaan

Bagi investor, cara membaca laporan keuangan perusahaan menjadi sebuah keharusan sebelum menanamkan modalnya pada perusahaan tertentu. Hal ini akan berguna untuk memahami calon perusahaan yang akan jadi target tempat investasinya.

membaca-laporan-keuangan-perusahaan-berikut-tipsnya

Proses evaluasi finansial dapat memperkirakan estimasi dari situasi dan kondisi sebuah perusahaan untuk masa mendatang. Oleh karena itu, banyak para investor wajib menganalisis laporan keuangan dahulu sebelum memutuskan berinvestasi.

Agar mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu memahami hal – hal apa saja yang dicari untuk dijadikan informasi. Biasanya, tujuan utama pelaporan keuangan adalah untuk mendapatkan informasi terkait kinerja finansial suatu bisnis.

Maka dari itu, pembaca laporan selalu mempedulikan keberhasilan maupun kegagalan bisnis dalam mengelola keuangannya. Dengan begitu, investor tidak akan mengalami kerugian setelah memahami cara membaca laporan keuangan perusahaan.

Pentingnya Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

Berdasarkan beberapa penelitian, sekitar 80% dari 500 investor Indonesia selalu menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan sebelum memutuskan ikut berinvestasi. Sementara sisanya mengivestasikan sahamnya dengan mengandalkan alasan trend maupun reputasi.

Ada juga yang melalui pertimbangan saran dari orang – orang terdekat. Misalnya pengaruh dari pendapat lingkungan sekitar penanam modal, atau yang biasa disebut investor peer group.

Cara membaca laporan keuangan perusahaan sangat penting dilakukan, karena bisa dipakai sebagai alat dalam menilai perjalanan dan perkembangan suatu usaha, misalnya bagaimana kinerja finansial, posisi keuangan, ataupun arus kasnya.

Kamu bisa tahu informasi mengenai sumber daya yang dipakai perusahaan ketika memproduksi barang atau jasa. Bahkan prestasi selama periode tertentu serta prospeknya pada masa mendatang.

Oleh sebab itu, sangat penting mendalami laporan keuangan perusahaanyang di dalamnya memuat beberapa komponen neraca, seperti harta, utang, modal, juga laba rugi dari tahun ke tahun.

Manfaat Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

Manfaat membaca laporan keuangan sangat banyak karena pengaruhnya bagi pihak internal maupun eksternal bisnis. Bagi direksi serta manajer sendiri bermanfaat dalam pengambilan keputusan, kontrol budgeting, sampai proses evaluasi.

Bagi para calon investor cara membaca laporan keuangan perusahaan dapat menghindarkan dari tindakan penipuan, salah satunya adalah Fraudulent Statement. Yaitu tindakan memalsukan laporan finansial dari posisi keuangan yang sebenarnya.

Bagi pihak pemasok atau supplier, bermanfaat untuk menentukan jumlah piutang disertai jangka waktunya. Penentuan jumlah piutang tersebut didasarkan pada kemampuan suatu bisnis dalam membayar hutang jangka pendek maupun panjangnya.

Sementara bagi pihak pemerintah, akan memudahkan menilai suatu usaha dalam membayar kewajiban pajaknya.

Tips Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

Berikut ini kami berikan tips bijak bagaimana cara membaca laporan keuangan perusahaan. Dengan begitu akan memudahkanmu dalam mengindikasikan baik buruknya kinerja manajemen perusahaan dalam mengatur finansialnya.

Pahami Dasar – Dasar Akuntansi

Secara umum, laporan keuangan mencakup laba rugi, neraca, serta arus kas. Minimal kamu harus memahami tingkat dasar akuntansi tersebut, sehingga memudahkan ketika menganalisis financial statements.

Tetapi jika tidak ada latar belakang pendidikan ekonomi, kamu bisa membiasakan diri dengan istilah – istilah dunia akuntansi melalui kursus laporan finansial secara online atau melakukan konsultasi bersama akuntan profesional.

Analisis Bagaimana Kinerja Laba

Sebuah bisnis tentunya menjaga agar pengeluaran lebih kecil dibandingkan pendapatan penjualan. Oleh sebab itu, utamakan baca seberapa besar keuntungan yang mereka dapatkan dari hasil penjualan.

Bandingkan EPS

Pada intinya, bisnis adalah EPS (Earning Per Share) atau laba per saham. Berfungsi untuk menunjukkan jumlah keuntungan pada setiap lembar sahamnya. Jika perusahaan tidak melaporkan EPS nya, kamu bisa menghitungnya sendiri.

Caranya cukup mudah, yaitu membagi laba bersih dengan jumlah kepemilikan saham yang dimiliki oleh investor ekuitas di bisnis itu. Semakin tinggi nilai pasar, maka semakin tinggi juga nilai EPS nya.

Selidiki Pola Untung Rugi

Tips cara membaca laporan keuangan perusahaan adalah menyelidiki laporan laba ruginya, yaitu perhitungan pendapatan penjualan yang dikurangi biaya operasional. Terkadang, kamu bisa melihat bagian tidak biasa dari catatan untung rugi tersebut.

Hal ini sesekali bisa terjadi apabila suatu bisnis sedang menghadapi peristiwa, misalnya bencana alam atau situasi kondisi terkait hukum. Oleh karenanya, jika bisnis sering melaporkan untung ruginya, perlu diselidiki lebih lanjut.

Periksa Arus Kas dari Laba

Tips cara membaca laporan keuangan perusahaan selanjutnya adalah memeriksa arus kas laba. Tujuan melakukan bisnis tidak hanya menghasilkan keuntungan, tetapi juga menghasilkan arus kas dari keuntungan itu sendiri secepat mungkin.

Arus kas dari laba itu merupakan arus kas masuk paling penting agar membuat perusahaan dapat tetap berjalan. Perannya bermanfaat untuk menciptakan distribusi kas dari keuntungannya kepada para pemegang saham.

Selain itu juga berperan dalam menjaga likuiditas serta menambah modal lain untuk mengembangkan suatu bisnis.

Selidiki Solvabilitas

Solvabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam membayar tagihan dan hutangnya. Dengan membaca juga menganalisis solvabilitas, kamu dapat mengetahui gejala kesulitan keuangan yang bisa mengganggu perusahaan.

Sebuah perusahaan bisa menghasilkan pendapatan dari penjualan maupun mendapatkan margin keuntungan yang besar. Tetapi jika mereka tidak mampu membayar tagihan tepat waktu, makan akan berdampak pada hancurnya kinerja laba.

Pahami 4 Laporan Keuangan Dasar

Tips cara membaca laporan keuangan perusahaan yang terakhir adalah dengan memahami 4 laporan keuangan dasar. Di antaranya adalah laporan laba rugi, neraca keuangan, arus kas, serta laba ditahan.

Melalui keempat laporan tersebut, kamu sebagai pembaca akan mendapat gambaran dalam memahami financial report beserta kondisi perusahaan.

Laporan keuangan sangat penting bagi setiap pihak internal maupun eksternal perusahaan. Agar tidak salah pilih tempat penanaman saham, kamu membutuhkan tips bijak cara membaca laporan keuangan perusahaan.

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan kesulitan dalam membuat atau membaca laporan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan kami jasa laporan keuangan dari frconsultantindonesia.com

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

0 Response to "Tips Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel