Peran Pemilik Perusahaan Dalam Mengelola Laporan Keuangan secara Profesional - Melek Pembukuan

Peran Pemilik Perusahaan Dalam Mengelola Laporan Keuangan secara Profesional

 mengelola-laporan-keuangan

Jika saat ini anda adalah seorang pelaku bisnis, maka salah satu hal yang mesti menjadi perhatian adalah bagaimana mengelola laporan keuangan secara benar. Karena hal itu akan bisa menjadikan anda adalah seorang pelaku bisnis yang profesional.

Bicara soal  profesional bisnis, maka kita akan bicara soal bagaimana kita sebagai pemilik bisnis mencoba melakukan hal terbaik demi perkembangan dan pengembangan bisnis yang sedang kita jalankan.  Sehingga pada akhirnya bisnis yang di jalankan tidak mengalami kemunduran atau kerugian. Tetapi justru bisnis yang kita jalankan selalu bergerak maju dan sudah pasti menguntungkan.

mengelola-laporan-keuangan

Kesemua hal dan kondisi tadi bisa saja kita wujudkan sebagai seorang pelaku bisnis ketika kita tahu apa yang mesti kita  jalankan.  Bukan sekadar menjalankan bisnis, tetapi lebih dari itu kita harus bisa memahami dan menganalisa jalannya bisa secara benar. Artinya analisa yang di jalankan  harus berdasarkan kondisi yang nyata bukan rekayasa.

Itu semua bisa di wujudkan  bagi kita sebagai seorang pelaku bisnis, jika salah satu dari beberapa hal  yang mesti kita ketahui bisa kita jalankan.  Seperti misalnya adalah mengelola  laporan keuangan yang dimiliki perusahaan atau laporan dari bisnis yang kita  jalankan.

Bisnis Butuh Laporan Keuangan dan Laporan Keuangan Butuh Komitmen dalam Menjalankan

Perspektif diatas, memang bukan sekadar slogan atau tagline semata. Tetapi kondisi tersebut memang harus di lakukan dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang menjadi cita cita dan harapan dari bisnis yang kita jalankan bisa tercapai. Dan kenapa bisnis butuh sebuah laporan pengelolaan keuangan dan pengelolaan keuangan mesti di jalankan dengan sebuah komitmen.

Pertama : Kenapa bisnis membutuhkan sebuah laporan  pengelolaan keuangan.

Ini adalah hal paling mendasar bagi kita para pengelola bisnis dalam menjalankan sebuah bisnis.  Karena bisnis di jalankan sudah pasti tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan. Sementara cara paling mudah untuk mengukur semua hal tadi adalah dengan menggunakan metode pengukuran dengan menggunakan laporan kondisi keuangan perusahaan. Dengan kita bisa mengelola sebuah laporan secara benar, maka hasil yang di capai dari  laporan tersebut sudah pasti benar.  Sehingga ketika dari laporan menunjukkan keuntungan atau kerugian, ya memang seperti itulah kondisi sebenarnya.  Tetapi baiknya adalah, dengan kita tahu hal sebenarnya berdasarkan kondisi yang ada di laporan tersebut kita akan lebih mudah untuk mengambil solusi  terbaik karena dasarnya adalah dari kondisi yang ada di laporan tersebut.

Kedua : Kenapa mengelola laporan keuangan butuh komitmen dan konsisten .

Itu sudah jelas, apapun yang kita jalankan jika semua itu di jalankan secara  benar, maka sudah pasti harus di lakukan secara konsisten dan berpegang teguh pada konsistensi diri yang ada pada diri kita.   Jangan mencoba  untuk orang lain mengerti dan memahami apa yang kita ingin capai, tetapi cobalah untuk kita bisa memahami dan mengerti  bagaimana strategi untuk mencapai semua hal tadi dengan mengutamakan konsistensi dan komitmen minimal  kepada diri sendiri dahulu.

Dengan berpegang pada kedua hal tadi, kita sudah selangkah lebih maju karena kita sudah tahu strategi seperti apa yang akan kita jalankan.  Tetapi jika memang kita butuh dukungan secara opini atau motivasi, maka anda bisa juga menghubungi FR Consultant Indonesia.  Sebuah pelaku bisnis yang akan menjadi mitra anda dalam merancang sebuah strategi bisnis untuk mencapai hasil sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Baca juga : Pentingnya Pembukuan Dalam Mengelola Bisnis, Kamu Harus Tahu

Pengusaha Mengelola Sendiri Laporan Keuangannya Maka akan semakin Sukses Bisnisnya.

Mungkin dengan membaca sub judul di atas seolah kita kurang yakin atau  masih bertanya tanya dalam hati. Apa semudah itu kita bisa sukses sebagai pelaku bisnis ketika kita secara fokus selain menjalakan bisnis juga ikut dalam pengelolaan sebuah laporan  pergerakan  keuangan perusahaan.

Bukan karena hal  tersebut belum familiar atau pun sudah pernah di jalankan tetapi hasilnya tidak maksimal. Sekadar informasi saja untuk anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis.  Minimal 2 hal perlu menjadi pemahaman anda terkait kenapa pengelola mesti tahu dan paham terkait bagai mana pengelolaan sebuah laporan keuangan.

  1. Bagi pelaku bisnis, perlu kalian pahami sebuah laporan pengelolaan keuangan perusahaan itu adalah nyawa kalian. Artinya anda harus jaga dengan benar nyawa kalian, sehingga ketika kondisinya kurang baik maka diri andalah yang mungkin akan menjadi korbannya.
  2. Bagi pelaku bisnis, sebuah laporan itu adalah bukti profesionalisme diri anda. Profesional kepada semua staff dan pihak yang mendukung perusahaan dari dalam. Tetapi juga profesional kepada calon investor dan mitra bisnis perusahaan. Ketika anda bagus dalam mengelola laporan, maka sudah barang tentu para mitra bisnis akan merasa puas dengan  hasil yang kita  jalankan.

Satu hal yang mesti anda pahami sebagai seorang pelaku bisnis, memahami dan mengontrol sebuah laporan yang berhubungan dengan aktivitas bisnis. Bukan artinya anda harus menjalankan day to day laporan yang ada. Tetapi setidaknya ada 2 hal yang juga harus anda pahami terkait bagaiman anda bisa mengontrol sebuah laporan pengelolaan keuangan secara benar :

  1. Kontrol pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengetahui jenis dan  laporan apa saja yang berhubungan dengan laporan tersebut. Minimal ada 3 jenis laporan yang anda bisa pelajari secara benar ; (1) Laporan yang berhubungan dengan kondisi Arus Kas Perusahaan  (2) Laporan  yang berhubungan dengan  kondisi Laba atau Rugi perusahaan dalam periode waktu tertentu (3)  Laporan yang memberikan penjelasan soal kondisi perubahan atau pergerakan posisi dan komposisi modal bagi perusahaan ( laporan modal kerja perusahaan ) (4) Laporan yang  berhubungan dengan posisi Neraca Perusahaan. Dalam konteks Neraca sudah pasti posisinya akan lebih detail dibandingkan  laporan lainnya, karena dalam laporan tersebut akan  di jelaskan konsep aktiva perusahaan dan pasiva perusahaan (5) Laporan yang akan menjelaskan kondisi  Penjualan Perusahaan.  Bagaimana  jadinya sebuah bisnis di jalankan kita tidak bisa mengelola laporan keuangan secara  benar.
  1. Kontrol kedua adalah bagaimana anda bisa mendelegasikan pengelolaan laporan tersebut kepada SDM atau staff yang berkompeten. Tetapi ketika kondisi ini di jalankan anda harus punya batasan  yang harus anda pegang agar pekerjaan yang di jalankan oleh staff tadi bisa berjalan secara benar. Karena jika tidak benar, maka yang terjadi adalah perusahaan justru tidak memiliki pegangan atau batasan seperti apa kebijakan yang bisa di ambil  jika kondisi perusahaan dirasakan kurang baik.

Berkaca dari semua hal  yang telah di jelaskan diatas, bagi pelaku bisnis jelas akan bisa menentukan mana yang terbaik dan berguna untuk diri dan perusahaannya. Tetapi bagi pelaku bisnis yang masih ragu, cobalah untuk berdiskusi dengan perusahaan seperti FR Consultant Indonesia. Dengan anda melakukan komunikasi atau berdiskusi dengan mereka maka anda akan bisa merasakan satu hal positif yang bisa anda jalankan secara mantap. Karena jalannya apa yang telah di pilih sudah pasti berdasarkan pengetahuan dan wawasan yang telah di lakukan  oleh perusahaan tersebut.  Sehingga mereka akan kasih sesuatu atau masukan yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

0 Response to "Peran Pemilik Perusahaan Dalam Mengelola Laporan Keuangan secara Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel