Pengertian Audit Perusahaan, Tahap-tahapan dan Manfaatnya - Melek Pembukuan

Pengertian Audit Perusahaan, Tahap-tahapan dan Manfaatnya

 Audit perusahaan merupakan salah satu proses terpenting karena berhubungan langsung dengan berbagai hal di lingkup internal. Mulai dari sisi manajemen, pengelolaan keuangan, kinerja bisnis, sistem yang digunakan, hingga performa karyawan.

Proses tersebut akan dilakukan oleh seorang auditor khusus, yang bertugas untuk mengaudit, mengumpulkan informasi, serta evaluasi. Di mana hasil akhirnya akan digunakan oleh perusahaan untuk menilai kinerjanya dari berbagai sisi.

audit perusahaan
Group of business people working with laptop at meeting

Karena berkaitan erat dengan bisnis serta manajemen internal perusahaan, proses tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Ada beberapa -tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui, agar seorang auditor mampu menjalankan tugasnya secara efektif.

Tahap-tahapan Audit Perusahaan Secara Umum

Ada bebetapa tahapan yang harus direncanakan terlebih dahulu sebelum diimplementasikan di lapangan. Mulai dari mengumpulkan dokumen terkait dengan internal manajemen, memeriksanya secara cermat, melakukan proses audit hingga menghasilkan informasi lengkap.

Mengumpulkan dokumen-dokumen terkait yang diperlukan

Dokumen terkait dengan kegiatan manajemen internal perusahaan merupakan hal utama yang harus dipersiapkan. Seorang auditor akan menganalisis seluruh aktivitas terkait dengan keuangan seperti nota debet kredit, laporan anggaran, dan sejenisnya.

Dokumen-dokumen tersebut biasanya dipilih sesuai dengan kebutuhan, dan diajukan sebelum proses audit dimulai. Dari sana, auditor kemudian menyusun jadwal pertemuan dengan manajemen, guna menjelaskan ruang lingkup aktivitasnya selama pengauditan berjalan.

Pemeriksaan dokumen dan merencanakan proses audit

Proses audit perusahaan bisa dijalankan sepenuhnya setelah auditor mengumpulkan dokumen yang diminta, serta melihat informasi di dalamnya. Lama tidaknya aktivitas pengauditan tersebut tergantung dari cara kerja auditor dalam memilah-milah informasi.

Pemeriksaan dokumen sangat diperlukan karena informasi di dalamnya akan diolah, kemudian akan dipresentasikan kepada internal perusahaan. Pada tahapan ini, auditor juga merencanakan proses pengauditan secara teknis hingga tata cara pelaksanaannya.

Baca juga : Pengertian BSC, Perspektif, dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Melaksanakan tugas audit dan mempresentasikan hasilnya

Setelah semua dokumen yang diperlukan telah siap, maka proses pengauditan bisa dilaksanakan sesuai kesepakatan dengan perusahaan. Selama proses berjalan, auditor biasanya akan menemukan masalah dan kemudian didiskusikan dengan manajemen internal.

Diskusi tersebut sangat penting karena menghasilkan feedback sebagai evaluasi, sekaligus melengkapi hasil analisis selama pengauditan berjalan. Hasil akhirnya kemudian disusun dengan mengumpulkan seluruh informasi menjadi sebuah laporan yang siap dipresentasikan.

Manfaat Adanya Proses Audit yang Harus Diketahui

Melakukan audit perusahaan secara berkala dinilai sangat menguntungkan dari berbagai sisi. Tidak hanya pihak korporasi secara umum, tapi juga pada kinerja bisnisnya ke depan, memperkuat kredibilitas, serta mencegah terjadinya kecurangan.

Meningkatkan kinerja serta mutu perusahaan

Proses pengauditan yang dilakukan secara profesional, merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan mutu di internal manajemen. Mulai dari bisnis, praktik akuntansi, efisiensi, tata kelola, semuanya dapat diidentifikasi melalui hal tersebut.

Auditor akan mempresentasikan hasil temuannya lewat proses analisa sebelumnya, di mana prosesnya dilakukan secara profesional. Hasil akhirnya tentu bisa dimanfaatkan untuk melakukan peningkatan yang dapat membuat kinerja bisnis lebih efisien.

Memperkuat kredibilitas di mata publik

Audit perusahaan secara tidak langsung akan membuat citra bisnis terlihat lebih kredibel, sehingga mudah mendapatkan perhatian dari calon klien. Tidak hanya itu, kredibilitas juga akan memberikan kepercayaan yang tak ternilai.

Pemangku kepentingan atau stakeholder, investor, hingga perbankan, adalah pihak-pihak yang akan memberikan kepercayaan penuh karena kredibilitas tersebut. Secara tidak langsung, hal tersebut juga bisa memunculkan representasi positif terhadap citra perusahaan.

Mengetahui dan menghentikan potensi terjadinua penipuan terorganisir di dalam manajemen

Salah satu manfaat penting melakukan audit perusahaan adalah mencegah terjadinya kejahatan sistematis di lingkup manajemen. Proses tersebut bisa menjadi alat yang efektif untuk mengidentifikasi kecurangan dan peluang untuk melakukan penyelewengan.

Auditor berpengalaman biasanya sangat terampil dalam menunjukkan kelemahan dalam sistem dan kontrol organisasi. Oleh sebab itu, mencari auditor profesional merupakan prioritas karena kemampuan analisanya dianggap mampu untuk mencegah terjadinya penipuan.

Tips Mencari Auditor Handal untuk Melakukan Proses Audit

Proses audit perusahaan akan menjadi lebih mudah jika menggunakan tenaga profesional sebagai auditor. Kriterianya bisa dilihat dari pengalamannya selama berkarir di industri tersebut, kemampuan secara teknis, hingga dukungan jangka panjang.

Memiliki kualifikasi dan pengalaman standar industri

Hal utama yang paling penting untuk diamati adalah kemampuan profesional dari seorang auditor sesuai dengan kualifikasinya. Harapannya tentu proses audit diharapkan bisa berjalan secara efektif, baik dari sisi waktu maupun biaya.

Saat bekerja, auditor profesional memungkinkan mereka untuk memberikan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kamu bisa mengambil manfaat lewat hasil analisisnya selama proses audit, yang kemudian bisa diimplementasikan secara nyata.

Melibatkan penggunaan teknologi dalam proses auditing

Kinerja sebuah audit perusahaan tidak lengkap tanpa melibatkan penggunaan teknologi selama prosesnya berjalan. Terlebih di era industri 4.0 seperti saat ini, teknologi dianggap mampu mendapatkan sekaligus menyajikan data secara cepat.

Penggunaan teknologi tersebut akan membantu auditor untuk mendapatkan wawasan penting tentang bisnis milik klien. Di mana mereka bisa menafsirkan temuannya secara proporsional sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan oleh pihak perusahaan sendiri.

Memberikan dukungan yang berkelanjutan dalam jangka panjang

Proses audit perusahaan yang dilakukan secara profesional oleh auditor berpengalaman, pasti memberikan manfaat yang besar. Salah satunya adalah adanya kesempatan untuk menjalin mitra sebagai rekanan profesional untuk kebutuhan jangka panjang.

Untuk itu, Auditor tersebut harus mampu memberikan analisis mendalam, jaminan, dan saran bisnis yang berfokus pada masa depan perusahaan. Terutama pada sisi pengelolaan anggaran, kinerja keuangan, hingga jalannya sistem internal. Kegiatan audit memang sangat dibutuhkan oleh korporasi jika ingin berkembang secara signifikan. Selain mengasah SDM internal seperti karyawan, jasa auditor profesional juga dibutuhkan untuk melakukan proses audit perusahaan yang akuntabel.

0 Response to "Pengertian Audit Perusahaan, Tahap-tahapan dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel