Pekerjaan admin kantor lebih sering di cari pelamar kerja? Ini penjelasannya. - Melek Pembukuan

Pekerjaan admin kantor lebih sering di cari pelamar kerja? Ini penjelasannya.

 Admin Kantor

Pekerjaan admin kantor tentunya masih menjadi idaman bagi para pencari kerja.  Bebagai posisi menjadi incaran para pencari kerja dari berbagai macam lulusan. Jika masih banyak yang tertarik mengikuti program ‘Manajemen Trainee’ sebagai awal memulai karir untuk para lulusan baru, apa jadinya jika masih banyak mengejar posisi Pekerjaan Admin Kantor atau yang biasa sering ditemui diportal lowongan kerja sebagai ‘Staff Admin’ ?

Menjadi Pekerja Admin Kantor atau bagian Administrasi tentu memiliki berbagai macam posisi seperti ‘Admin Sales’, ‘Admin Finance’, ‘Admin HR’ dan Administrasi lainnya. Alasan mengapa banyak yang mengejar posisi Admin dikarenakan bekerja sebagai admin dianggap hanya mengurus berbagai pekerjaan yang bersifat administrative saja. Ada juga yang menganggap jika pekerjaan admin kantor tidak memerlukan skill khusus. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait alasan berminatnya,berikut ulasannya.

Baca juga : Jurnal.id Software Akuntansi Gratis

1. Posisi Admin Kantor menjadi posisi yang cukup Bergengsi.

Sampai saat ini banyak yang beranggapan bahwa bekerja sebagai admin kantor ialah posisi yang prestise, khususnya untuk para pelamar kerja yang memiliki tingkat pendidikan dan pengalaman yang standar. Ada pula yang menyebut pekerjaan admin kantor ini lebih flexibel dibandingkan dengan  posisi jabatan lainnya. Hali ini yang membuat pekerjaan admin kantor masih diminati hingga kini.

Tentunya bukan menjadi persoalan, justru akan menjadi semangat apabila menduduki posisi tersebut.karena pekerjaan yang dijalaninya hanya bersifat administratve saja.

2. Bekerja sebagai admin kantor tak perlu punya keahlian khusus.

Meski memang jika menjalani pekerjaan di posisi ini, pekerja juga harus memiliki keahlian tertentu, namun tidak banyak keahlian yang diperlukan. Seorang pekerja admin hanya membutuhkan keahlian dan kemahiran dalam mengoperasikan Microsoft office seperti Excel, Power point, Word, Outlook, dan Publisher selain mengoperasikan computer. Pekerja Admin kantor hanya menginput data masuk serta memiliki kemampuan mengitung melalui Microsoft Excel dengan rumus didalamnya. Meski begitu, ada juga perusahaan menuntut admin kantor bisa bekerja secara multitasking yang artinya dapat mengerjakat beberapa tugas dalam satu waktu.

3. Tidak ada Batasan Pengalaman dan Tingkat pendidikan.

Untuk menduduki posisi admin kantor ini tidak selalu untuk yang berpengalaman saja, tetapi juga untuk yang baru saja lulus atau Fresh Graduate pun tetap diperbolehkan untuk melamar tergantung kualifikasi yang diminta oleh perusahaan. Selain itu, untuk jenjang pendidikan sendiri meskipun banyak yang meminta lulusan D3 atau S1, akan tetapi untuk lulusan SMA atau SMK juga bias mellama pada posisi tersebut. Tetapi jika sering melihat lowongan kerja dari berbagai portal atau media biasanya lulusan SMA/SMK diminta yang mepunyai pengalaman minimal walau tidak semua perusahaan.

Baca juga : 5 Tips Merespon Keluhan Pelanggan Usaha!

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Kantor.

Pada umumnya pekerjaan seorang admin kantor ialah mampu mengurus segala urusan berkaitan dengan administrasi seperti penyusunan arsip, penginputan data perusahaaan, serta mengatur keuangan. Namun apabila tertarik menjadi seorang admin kantor diminta untuk teliti dan cekatan karena walaupun tak membutuhkan keahlian khusus namun segalanya yang terkait erat dengan kantor harus benar-benar dapat diperhatikan. Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang admin.

1. Merekap Data Perusahaan.

Perusahaan pastinya mempunyai data-data penting yang dimiliki untuk diolah. Tentu ini menjadi pekerjaan dari admin kantor yang dimana data-data yang masuk dapat diinput melalui software yang ada dikomputer. Setelah rekap data diinput  maka akan berbentuk laporan kerja.

2. Melakukan Penjadwalan.

Berikutnya adalah seorang admin kantor juga  dapat bertanggung jawab dalam hal penjadwalan atau mengatur schedule. Hal ini dilakukan agar kegiatan perusahaan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Inilah yang kemampuan yang harus dimiliki oleh admin kantor yakni kemampuan manajemen yang baik.

3. Melakukan Pengarsipan Data.

Arsip yang ada di perusahaan harus benar-benar dapar tersimpan dengan baik. Hal ini bertujuan agar data-data yang diarsipkan ini tersimpan dengan baik dan rapi disetiap susunannya. Selain itu juga agar mempermudah dalam pencarian arsip datas perusahaan apabila sewaktu-waktu membutuhkan data.

4. Dapat Memastikan Segala Kebutuhan Alat Kantor.

Pekerjaan seorang admin kantor berikutnya adalah memastikan segala persediaan alat kantor agar pekejaan dapat dilakukan dengan lancar.  Itu sebabnya, tiap bulan atau setiap minggu admin melakukan pendataan agar alat-alat kantornya dapat tersedia.

5. Mampu Membuat Surat.

Pekerjaan seorang admin kantor berikutnya adalah membuat surat untuk memenuhi kebutuhan kantor. Surat yang dibuatkan adminkanor adalah yang bersifat resmi.

6. Kemampuan Komunikasi dengan Baik.

Dalam menjalankan pekerjaan ini selain yang berkaitan dengan data/dokumen kerja, juga bakal berhubungan dengan rekan kerja yang lainnya. Terkadang pula sering bertemu dengan orang baru seperti contohnya klien kantor, pastinya membutuhkan komunikasi yang baik dari admin kantor agar dapat membuat orang/klien lebih nyaman. Dan pastinya aka nada halbaru yang bisa dijadikan pengalam selama menjalani pekerjaan admin kantor. Itulah ulasan mengenai pekerja admin kantor, jika menginginkan posisi ini maka harus memiliki skill tertentu seperti mampu mengoperasikan komputer, kemampuan administrasi yang baik, sampai mampu mengelola arsip. Tujuan dibuatnya ulasan ini agar para pembaca yang tertarik melamar sebagai admin kantor supaya mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk memenuhi kriteria yang diinginkan perusahaan.

0 Response to "Pekerjaan admin kantor lebih sering di cari pelamar kerja? Ini penjelasannya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel