Memahami dan Mengetahui Cara Membaca Laporan Keuangan Penting Bagi Pebisnis - Melek Pembukuan

Memahami dan Mengetahui Cara Membaca Laporan Keuangan Penting Bagi Pebisnis

 membaca-laporan-keuangan

Ada satu kondisi yang mesti dilakukan oleh pelaku bisnis terhadap keberadaan sebuah laporan keuangan. Bahwa dirinya harus bisa memahami dan mengetahui cara membaca laporan keuangan yang benar.  Karena itu penting agar tidak di “tipu atau bohongi”  pihak lain yang ingin berbuat curang.

Bisnis memang identik dengan uang, dan uang sudah pasti siapapun ingin memilikinya baik dengan cara benar atau  tidak. Itulah yang pada akhirnya perlu menjadi satu perhatian bagi para pelaku bisnis bahwa mengelola keuangan adalah satu hal yang mesti menjadi fokus perhatiannya. Jangan sampai karena kita malas atau tidak mau tahu soal laporan yang ada.  Justru kita tidak tahu bahwa sebenarnya diri kita sebagai pemilik bisnis sedang di tipu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

membaca-laporan-keuangan
Businesspeople meeting plan analysis graph company finance strategy statistics success concept and planning for future in office room.

Oleh karena itulah, maka sebagai seorang pelaku bisnis, ada baiknya kita mengerti dan memahami pembacaan sebuah laporan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.  Sehingga kita akan bisa mendapatkan beberapa manfaat dari kemampuan kita membaca dan menganalisa sebuah laporan yang ada dalam sebuah perusahaan.

Baca juga : Jadikan Laporan Keuangan sebagai bukti Profesionalisme Anda dalam berbisnis

Keuntungan dan Kerugian Dapat Membaca dan Menganalisa

Setidaknya dari beberapa penjelasan berikut kita akan tahu seperti apa keuntungan dan kerugian ketika kita sebagai pelaku bisnis bisa membaca dan memahami sebuah laporan dalam bidang keuangan. Dengan kita tahu apa saja keuntungan dan kerugian ketika kita  membahas soal laporan pengelolaan keuangan, itu akan bisa jadi pertimbangan kita untuk menentukan apakah kita  akan melihat lebih banyak keuntungannya dengan memahami sebuah laporan.

Atau kita biasa aja walaupun kita merasa rugi ketika tidak bisa menganalisa sebuah laporan, karena sudah di serahkan kepada SDM atau karyawan yang memang sudah di tugaskan untuk menjalankan tugasnya dalam pengelolaan sebuah laporan  yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Hanya ketika kita memang memilih untuk tidak mencoba mengetahui cara menganalisa sebuah laporan, maka anda harus  tahu konsekuensi yang nantinya akan kita dapatkan ketika ada satu kondisi  yang berhubungan dengan dampak yang di  hasilkan dari kondisi terkini laporan perkembangan keuangan perusahaan.  

Kerugiannya :

  1. Dengan tidak bisa membaca dan memahami sebuah laporan maka ada kemungkinan kita sebagai pemilik bisnis kemungkinan di bohongi secara angka  terkait kondisi perusahaan.
  2.  Dengan tidak bisa membaca dan memahami sebuah laporan, maka  anda sebagai pelaku bisnis akan mengalami kerugian jika pada saat itu kondisi perusahaan  sedang tidak baik. Maka anda  tidak bisa segera mencari solusi dari masalah yang ada.
  3. Dengan tidak  bisanya anda memahami dan membaca laporan keuangan maka anda  tidak akan bisa tahu perkembangan perusahaan dalam skala angka untung dan rugi. Karena skala angka  itu hanya terdapat pada laporan pengelolaan keuangan perusahaan.

Keuntungannya :

  1. Dengan kita tahu membaca dan menganalisa sebuah laporan, maka kita sebagai pengelola bisnis akan lebih mudah untuk melakukan pencegahan jika dalam perjalanan sebuah bisnis ada masalah yang mesti di carikan solusinya.
  2. Dengan kita  tahu membaca dan menganalisa sebuah laporan, kita akan terbiasa untuk membuat sebuah strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi saat itu. Karena kondisinya berdasarkan  laporan  pengelolaan keuangan yang telah di buat.
  3. Dengan kita tahu membaca dan menganalisa sebuah laporan, pada akhirnya bisnis yang kita jalankan akan bersifat profesional dan kredible.

Apakah Sulit Membaca dan Memahami Laporan Bisnis Perusahaan

Pada dasarnya untuk kita memahami dan menganalisa sebuah laporan tidaklah sulit.  Karena pada intinya ada beberapa  hal yang mesti menjadi perhatian kita pada saat kita ingin mencoba untuk membaca dan menganalisa sebuah laporan pengelolaan keuangan.

Dimana secara umum kita bisa katakan, bahwa untuk membaca sebuah laporan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan seperti misalnya ; (1) Membaca laporan  untuk kondisi Laporan Laba / Rugi Perusahaan. (2) Membaca  laporan untuk kondisi Laporan Perubahan Modal Perusahaan  (3) Membaca laporan untuk kondisi Laporan Neraca Perusahaan (4) Membaca laporan  untuk kondisi Laporan Penjualan Perusahaan.

Dari beberapa jenis pelaporan yang telah di jelaskan diatas, kita sebagai pemilik bisnis tinggal menentukan model atau jenis pelaporan mana yang akan di pilih terlebih dahulu. Setelah itu baru menentukan jenis pelaporan mana yang akan dilanjutkan  untuk pembacaan laporannya.  Berdasarkan kondisi itulah pada akhirnya kita sebagai pelaku bisnis merasa bahwa memahami, membaca dan mengerti terkait pembacaan sebuah laporan menjadi salah satu hal yang mesti kita ketahui sedari dini.  Sehingga pada akhirnya kita akan tahu seperti apa sebaiknya dalam menjalankan aktivitas bisnis yang kita  jalankan.

Berhasil tidaknya kita dalam membaca, memahami dan menganalisa sebuah laporan jelas membawa manfaat langsung kepada kita sebagai pemilik bisnis. Tetapi jika kondisi tersebut belum bisa di pahami secara langsung oleh kita sebagai pemilik bisnis, anda tidak perlu risau karena ada sebuah perusahaan yang bernama FR Consultant Indonesia. Perusahaan ini bisa anda jadikan mitra atau  acuan dalam anda membaca, mempelajari dan memahami sebuah laporan keuangan.

Dengan semua yang telah di jelaskan diatas, di tambah dengan penjelasan yang kita dapatkan dari beberapa referensi menyangkut perlunya dan pentingnya bagi pelaku bisnis bisa membaca dan memahami sebuah laporan. Maka bisnis yang di jalankan akan bisa berjalan dan berkembang dengan lebih bagus.  Hal itu didasarkan pada satu kenyataan bahwa sebuah laporan pengelolaan keuangan itu akan bisa dijadikan sebuah tolak ukur dalam melihat kelancaran, kesuksesan dan keberhasilan sebuah bisnis di jalankan. Itulah sebenarnya yang menjadi salah satu hal penting  bagi kita siapapun dan bagaimanapun kondisi bisnis yang sedang kita  jalankan.

0 Response to "Memahami dan Mengetahui Cara Membaca Laporan Keuangan Penting Bagi Pebisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel