Ini Cara Melihat Laporan Keuangan Perusahaan Lewat Website - Melek Pembukuan

Ini Cara Melihat Laporan Keuangan Perusahaan Lewat Website

 21.-Ini-Cara-Melihat-Laporan-Keuangan-Perusahaan-Lewat-Website

Seiring berkembangnya sebuah bisnis, maka cara melihat laporan keuangan perusahaan sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk menilai seberapa jauh perjalanan dan perkembangan bisnis itu sendiri.

Selain itu, fungsinya juga berperan sebagai gambaran ketika menilai sistem kerja perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa mereka. Terlebih, jika membutuhkan suntikan dana dari para pemilik modal atau saham.

Cara melihat laporan keuangan perusahaan

Hal tersebut dikarenakan investor bisa memberi spekulasi terkait angka – angka yang tertera di dalamnya. Sehingga dengan analisa angka itu, mereka bisa memperhitungkan kemampuan perusahaan dalam mengembangkan dana investasi tersebut.

Dengan begitu akan menguntungkan kedua belah pihak dan investor juga mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, bagi para pemilik usaha dapat menilai kinerjanya dengan cara melihat laporan keuangan perusahaan lewat website.

Memahami Apa Itu Laporan Keuangan

Sebelum menilai kinerja finansial sebuah bisnis, kamu perlu memahami apa pengertian dari laporan keuangan itu sendiri. Yaitu catatan informasi terkait keuangan dalam periode tertentu yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Sebagai catatan informasi, financial report berperan sebagai pemberi gambaran tentang situasi dan konsisi kinerja sebuah perusahaan. Terkandung catatan transaksi serta aktivitas aliran uang yang digunakan untuk produksi barang atau jasa.

Catatan transaksi itu bisa berupa transaksi ketika membeli kebutuhan – kebutuhan proses produksi, menjual hasil produksinya, ataupun transaksi bisnis lainnya. Intinya selalu berkaitan dengan nilai ekonomi serta moneter.

Menilai sistem kerja sebuah usaha dengan cara melihat laporan keuangan tidak hanya diterapkan oleh pemilik usahanya saja. Melainkan pihak eksternal perusahaan juga bisa menggunakannya.

Baca juga : Tips Mengelola Keuangan Usaha Dengan Software Akuntansi

Misalnya investor, supplier, sampai pihak pemerintah untuk memantau kemampuan perusahaan dalam membayar pajaknya. Perlu diperhatikan, yang penting laporan keuangan mencatat secara detail seluruh aktivitas keuangannya.

Pencatatan maupun perhitungan transaksi yang detail, tepat, juga akurat akan memudahkan pemilik usaha mempertanggungjawabkan dananya. Karena di dalam laporan keuangan mengandung untung, rugi, sampai tanggungan pajak perusahaan.

Menilai Kinerja dengan Cara Melihat Laporan Keuangan Perusahaan

Sebelum mengetahui cara melihat laporan keuangan perusahaan, kamu perlu menilai kinerjanya. Langkah tersebut dapat dilakukan melalui pemahaman akan jenis – jenis laporan keuangannya, yang terdiri dari neraca, laba rugi, kas, perubahan modal.

Pahami Komponen Neraca

Dengan memahami komponen neraca, kamu bisa menggambarkan bagaimana posisi finansial pemilik usaha. Neraca mengandung 3 komponen penting, pertama adalah aktiva yang akan mendefinisikan segala sesuatu milik perusahaan.

Kedua adalah hutang untuk menunjukkan apa saja yang harus dibayar oleh perusahaan. Ketiga adalah ekuitas yang akan menggambarkan segala sesuatu yang dilakukan perusahaan demi mendapatkan aset maupun membiayai asetnya.

Melihat Nilai Laporan Laba Rugi

Jika melihat laporan laba rugi, kamu akan mendapatkan ringkasan mengenai aktivitas suatu bisnis selama periode tertentu. Di dalamnya akan menggambarkan besarnya untung rugi dari keseluruhan kegiatan usaha.

Pahami Laporan Ekuitasnya

Cara melihat laporan keuangan perusahaan adalah dengan memahami nilai ekuitasnya yang digambarkan melalui angka – angka terkait perubahan kinerja perusahaan, baik itu peningkatan maupun penurunan aktiva bersih

Bahkan menunjukkan kekayaan yang dimiliki selama periode tertentu. Dengan begitu, kamu bisa menilai seberapa kemampuan perusahaan mengembalikan jumlah uang ataupun aset pada investor jika dicairkan dan seluruh hutang sudah dibayar.

Pahami Laporan Arus Kasnya

Selanjutnya, pahami apa saja aktivitas operasi, investasi, serta pendanaan melalui laporan penerimaan dan pengeluaran kas. Bagi investor, laporan arus kas sangat bermanfaat agar membantu mengetahui layak tidaknya perusahaan mendapat dana.

Apabila perusahaan mengalami kerugian, setidaknya masih bisa berjalan jika arus kasnya positif. Investor bisa melihat free cash flow untuk menganalisis apakah bisnis tersebut masih punya prospek di masa depan.

Pahami Aspek Rasio Keuangan

Cara melihat laporan keuangan perusahaan berikutnya yaitu dengan memahami aspek rasio keuangan. Beberapa di antaranya adalah ROA, ROE, EPS, PER, PBV, Current Ratio, Quick Ratio, Net Profit Margin, Asset Turnover.

Serta ada Debt to Equity Ratio, Total Debt to Total Asset, Operating Profit Margin, Inventory Turnover, Receivable Turnover, Account Payable Turnover, dan Nilai Buku Saham (Book Value).

Cara Melihat Laporan Keuangan Perusahaan Lewat Website

Sebagai pemilik usaha, investor, pemasok bahan produksi, maupun pihak lainnya yang terlibat dalam aktivitas ekonomi perusahaan, kamu bisa melihat laporan keuangan lewat website.

Jenis perusahaan yang bisa dicari mulai dari pertambangan, perkebunan, perdagangan, kimia, properti, telekomunikasi, perbankan, dan lain – lain. Simak penjelasan berikut ini.

Lewat IDX (Bursa Efek Indonesia)

IDX atau Bursa Efek Indonesia menyediakan website untuk memudahkanmu melakukan cara melihat laporan keuangan perusahaan. Hal ini dikarenakan setiap tahunnya, setiap perusahaan publik pasti melaporan keuangannya ke Bursa Efek Indonesia.

Kamu bisa melihatnya pada laman www.idx.co.id, tetapi dokumen yang bisa diunduh gratis hanyalah selama 4 tahun terakhir saja, ya.

Lewat Website Masing – Masing Perusahaan

Pada umumnya, pasti setiap perusahaan publik akan menyediakan link atau menu terkait laporan keuangan tahunan pada laman websitenya. Link tersebut bisa berbentuk investor, relasi investor, investor center, maupun hubungan investor.

Lewat Website Berbayar

Pilihan lainnya adalah menggunakan website berbayar jika laporan pencarianmu cari masih susah ditemukan. Salah satu contohnya unit usaha milik Bursa Efek Indonesia, yaitu TICMI (The Indonesia Capital Market Institute).

Lewat Jasa Layanan Profesional

Pilihan terakhir cara melihat laporan keuangan perusahaan adalah membayar jasa layanan profesional. Sehingga kamu tidak perlu repot – repot browsing ataupun mengunduh laporan, misalnya melalui jasa SahamOK.com.

Jadi, kamu bisa menggambarkan kondisi perusahaan selama periode ke depan serta menilai layak tidaknya sebuah bisnis mendapat suntikan dana dari investor dengan cara melihat laporan keuangan perusahaan.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

0 Response to "Ini Cara Melihat Laporan Keuangan Perusahaan Lewat Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel