Definisi Laporan Laba Rugi, Fungsi dan Jenisnya - Melek Pembukuan

Definisi Laporan Laba Rugi, Fungsi dan Jenisnya

 4.-Definisi-Laporan-Laba-Rugi-Fungsi-dan-Jenisnya

Banyak orang mempertanyakan apa pentingnya laporan laba rugi, terlihat remeh tetapi sebenarnya memiliki manfaat sangat baik untuk perusahaan atau bisnis yang Kamu jalankan.

Laporan laba rugi dibuat dengan tujuan sebagai informasi tentang tingkat keberhasilan sebuah usaha dalam menentukan alokasi anggarannya. Pada laporan tersebut biasanya memuat informasi mengenai transaksi, beban, keuntungan bahkan sampai kerugian.

laporan laba rugi

Laporan tersebut memiliki fungsi sebagai penentu keputusan dalam perusahaan dan juga digunakan sebagai alat untuk memprediksi arus kas pada masa yang akan datang. Baik tidaknya kinerja sebuah perusahaan juga dapat ditentukan dari informasi-informasi pada laporan tersebut.

Definisi Dari Laporan Laba Rugi Serta Unsurnya

Definisi lengkap dari laporan untung rugi ini adalah salah satu bagian dari laporan keuangan sebuah perusahaan yang merupakan berisi penjabaran informasi mengenai pendapatan, beban perusahaan sampai menghasilkan untung atau rugi secara bersih.

Laporan tersebut juga sudah dibuat dalam periode tertentu bisa satu bulan, satu tahun atau juga dapat berdasarkan konsep perbandingan yang juga disebut dengan konsep pengaitan/pemadanan diantara pendapatan serta beban.

Baca juga : 7 Strategi Kelola Keuangan Usaha Tanpa Rugi!

Laporan laba rugi termasuk ke dalam empat laporan keuangan perusahaan utama dan menjadi penghubung antara dua laporan neraca. Manfaatnya adalah bisa menjadi bahan evaluasi manajemen untuk menentukan strategi bisnis yang paling cocok untuk periode selanjutnya.

Serta manfaat lainnya adalah membantu untuk mengetahui total pajak di periode selanjutnya. Terdapat empat unsur utama pada laporan laba rugi. Berikut ini penjelasan dari unsur-unsurnya.

Pendapatan

Income atau Pendapatan merupakan peningkatan aktiva atau aset/harta/kekayaan dihasilkan dari kegiatan operasionalnya. Pendapatan juga dapat disebut sebagai arus masuk perusahaan, nilainya didapatkan dari pendapatan kotor perusahaannya yang sudah dikurangi dengan diskon, retur sampai tunjangan lainnya.

Beban

Beban merupakan unsur arus keluar atau bisa disebut juga liabilitas untuk melakukan pengiriman atau produksi barang pada periode tertentu. Liabilitas sendiri merupakan utang atau kewajiban dibayarkan oleh perusahaan.

Keuntungan

Keuntungan merupakan unsur laporan laba rugi berikutya yang akan menunjukan peningkatan ekuitas atau modal sudah dikurangi dengan liabilitas. Hal tersebut terjadi karena adanya transaksi yang dilakukan oleh perusahaan sehingga dapat menghasilkan pendapatan/investasi dari pemilik.

Kerugian

Unsur selanjutnya dari laporan laba rugi adalah kerugian merupakan penuruna ekuitas dikarenakan transaksi perusahaan. Kerugian juga bisa terjadi akibat beban serta pendistribusian pada pemiliknya.

Fungsi Laporan Income Statement

Penyusunan laporan keuangan keuntungan dan kerugian ini merupakan hal wajib dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan periode yang sudah ditentukan di awal. Sangat penting karena laporan laba rugi memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.

Berfungsi sebagai bahan evaluasi keuangan

Fungsi pertama adalah sebagai bahan untuk mengevaluasi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Periode biasanya dipilih untuk membuat laporan laba rugi adalah sebulan, enam bulan, satu tahun dan lainnya.

Laporan yang dihasilkan nantinya akan memberikan Kamu informasi bisnis dijalankan apakah menghasilkan kerugian atau keuntungan/laba. Semua transaksi pada perusahaan akan dicatat secara detail pada laporan laba rugi sehingga akan memudahkan untuk mengetahui data finansialnya.

Informasi menyeluruh mengenai keuangan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi yang bisa dipertanggung jawabkan karena dilakukan perhitungan menyeluruh dan jelas.

Berfungsi sebagai alat ukur perkembangan perusahaan

Laporan laba rugi juga dapat berfungsi untuk melihat perkembangan perusahaan berjalan dengan baik atau tidak. perkembangan tersebut bisa dilihat melalui kondisi keuangan perusahaan tercantum pada laporannya.

Jika keuntungannya lebih besar dibandingkan dengan rugi maka dapat disimpulkan perkembangan perusahaan sangat baik. Tetapi jika kondisi sebaliknya maka dapat dilihat perusahaan tidak berjalan dengan baik karena kerugiannya lebih besar daripada keuntungannya.

Sehingga untuk mengetahui perkembangan perusahaannya Kamu harus mengetahui informasi lengkap dari laba rugi yang didapatkan perusahaan dari transaksi, beban dan pendapatannya.

Ada beberapa jenis laba rugi bisa Kamu ketahui seperti laba kotor yaitu pengukuran pendapatannya langsung berasal dari penjualan produk pada satu periode. Laba operasi merupakan selisih yang didapatkan dari penjualan serta semua biaya/beban operasi.

Ditujukan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatannya. Laba sebelum pajak merupakan jumlah keuntungan didapatkan sebelum pajak penghasilan yang ditetapkan oleh standar akuntansi.

Laba bersih biasanya disebut juga profitibilitas perusahaan atau keuntungan dari penjualan bersih perusahaan sudah dikurangi dengan modal serta pajak penghasilan. Terakhir laba operasi berjalan yaitu didapatkan saat kegiatan bisnisnya sedang berjalan pada periode tertentu.

2 Jenis dari Laporan Beserta Fungsinya

Terdapat dua jenis laporan keuangan keuntungan dan kerugian yang dapat Kamu ketahui. Berikut ini jenis laporan keuntungan dan kerugian memiliki kegunaannya masing-masing.

Single step

Jenis laporan ini akan memuat data mengenai pendapatan, biaya dan juga keuntungan perusahaan. Dibentuk secara sederhana dalam satu baris saja. seperti contohnya pada kolom pendapatan ditulis dalam satu jenis saja.

Walaupun sebenarnya pendapatan tersebut didapatkan dari sumber yang berbeda-beda. Hal ini dapat memudahkan dalam melakukan pelaporan karena lebih simpel dan juga mudah untuk dibaca.

Multiple step

Jenis kedua adalah multiple step yang biasanya menampilkan informasi lebih lengkap dan kompleks secara detail. Berbeda dengan single step, pada multiple step penulisannya dilakukan sesuai dengan kategorinya seperti pendapatan operasional dan pendapatan non operasional penulisannya dibedakan.

Kelebihan dari multiple step ini informasi laporannya lebih lengkap dan menyeluruh. Biasanya digunakan untuk perusahaan besar serta go public. Laporan keuangan pada setiap perusahaan sangat penting untuk mengetahui bisnis dijalankan berkembang atau tidak. laporan laba rugi juga memiliki fungsi-fungsi yang bisa digunakan sebagai bahan evaluasi keuangan pada perusahaan

0 Response to "Definisi Laporan Laba Rugi, Fungsi dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel