Cara Membaca Laporan Keuangan Bank Bagi Nasabah - Melek Pembukuan

Cara Membaca Laporan Keuangan Bank Bagi Nasabah

 23.-Cara-Membaca-Laporan-Keuangan-Bank-Bagi-Nasabah

Sebagai bentuk keterbukaan informasi, maka nasabah perlu memantau keuangannya dengan cara membaca laporan keuangan bank. Begitu pula pihak perbankan yang juga wajib menerbitkan laporannya secara berkala.

membaca-laporan-keuangan-bank-begini-caranya-untuk-nasabah

Pada perusahaan perbankan, maka perlu mempublikasikan laporan tersebut sebanyak 4 kali. Untuk bulan Desember tahun buku sebelumnya, maka dipublikasi paling lambat akhir Maret tahun buku sesudahnya.

Untuk bulan Maret, akan dipublikasi pada akhir bulan April, akhir keuangan sampai bulan Juni dupublikasi pada akhir bulan Juli, dan laporan keuangan sampai periode September, akan dipublikasikan pada akhir bulan Oktober.

Melalui publikasi financial report tersebut, sebagai nasabah akan mengetahui bagaimana kinerja bank. Apalagi hal – hal yang menyangkut aktivitas ekonomi selama periode tertentu serta memprediksi pertumbuhan bank dari periode sebelumnya.

Pentingnya Cara Membaca Laporan Keuangan Bank Secara Sederhana

Cara membaca laporan keuangan bank melalui jumlah laba atau keuntungan, akan langsung tergambarkan kinerja keuangannya. Mulai dari jumlah penyaluran kredit, dana yang berhasil dikumpulkan dari pihak ketiga, sampai besarnya jumlah aset.

Dengan membaca serta menganalisis financial report sebuah bank, nasabah bisa mengukur kondisi keuangannya di bank secara periodik. Laporan tersebut biasanya disajikan dalam bentuk periodik.

Bank sendiri wajib menyajikan laporan keuangannya pada periode tertentu tergantung jenisnya. Terdapat 3 jenis laporan keuangan pada bank komersial, baik itu bank umum maupun BPR (Bank Perkreditan Rakyat)

Jenis – jenis tersebut di antaranya adalah laporan keuangan secara bulanan, laporan keuangan secara triwulanan, serta laporan keuangan dalam periode tahunan.

Kalau ingin mendapatkan keuntungan lebih lagi, kamu bisa melihat aspek permodalannya yang ditandai dengan ekuitas. Atau juga bisa melihat dan menganalisis rasio keuangan sebagai tolok ukur kinerja finansial perbankan.

Manfaat dari Cara Membaca Laporan Keuangan Bank

Cara membaca laporan keuangan bank memiliki banyak manfaat, baik untuk pihak internal bank maupun eksternal, salah satunya nasabah. Pertama, bisa memperkirakan hasil keuangan perbankan beserta kondisinya.

Kedua, mampu mendiagnosis apabila ada permasalahan pada tingkat manajerial, operasional, atau masalah lainnya. Ketiga, untuk mengurangi ketidakpastian yang sulit dihindari. Biasanya ditemukan ketika proses mengambil keputusan.

Keempat, sebagai bahan pertimbangan bagi para calon penanam saham agar mudah memutuskan perusahaaan mana yang cocok untuk dijadikan tempat berinvestasi. Terakhir, bermanfaat untuk mengukur tinggi rendahnya keberhasilan manajemen bank.

Cara Membaca Laporan Keuangan Bank Bagi Nasabah

Perlu diketahui, bahwa cara membaca laporan keuangan bank bagi nasabah ini hanya sekadar untuk mengetahui kinerja finansial bank. Sebagai nasabah, kamu berhak membaca 3 tabel laporan keuangan.

Tabel tersebut terdiri dari laporan posisi keuangan untuk mengetahui total aset, jumlah kredit yang disalurkan, dana pihak ketiga, lialibilitas, serta ekuitas.

Lalu ada tabel laba rugi komprehensif untuk mengetahui besarnya jumlah profit atau keuntungan yang sanggup dihasilkan oleh perusahaan perbankan. Tabel ketiga yaitu rasio keuangan untuk melihat perhitungannya.

Membaca Laporan Posisi Keuangan

Laporan posisi keuangan terkadang bisa disebut sebagai neraca keseimbangan. Mencakup aset (harta), lialibility (kewajiban), dan equity (modal) yang disusun sistematis selama periode tertentu.

Selain mengetahui kondisi keuangan selama periode tertentu, cara membaca laporan keuangan bank membantu nasabah ketika menganalisis finansial perbankan. Bagi investor, akan dijadikan bukti bahwa ada beberapa hal untuk dipertanggungjawabkan.

Laporan posisi keuangan memiliki 3 akun, yaitu aset seperti kas, piutang, properti, biaya dibayar di muka. Lalu akun kewajiban, yaitu tanggungan utang serta pendapatan diterima di muka.

Serta akun ekuitas atau segala modal bisnis untuk menjalankan kegiatan proses produksi barang jasanya. Ekuitas bisa berupa model dari investor atau laba ditahan.

Membaca Tabel Laba Rugi Komprehensif

Tabel kedua adalah laba rugi komprehensif untuk mengukur besar kecilnya kemampuan perbankan memanajemen keuangannya. Selain itu berperan dalam memprediksi jumlah maupun waktu atas ketidakapastian arus kas.

Cara membaca laporan keuangan bank pada tabel laba rugi komprehensif akan membantu ketika investor ingin memprediksi profit di masa depan, pengeluaran nilai investasi, hingga kekayaan kredit.

Namun ada keterbatasan di dalamnya karena memang disusun dengan asumsi juga kebijakan tertentu. Pertama, pelaporan pengukuran penghasilan serta beban tidak andal, sehingga tidak bisa diinput dalam laporan laba rugi lainnya.

Kedua, penghasilan ataupun beban tadi dapat diakui jika mampu diukur dengan andal sesuai SAK (Standar Akuntansi Keuangan). Ketiga, beda metode beda hasil, pelaporan laba akan berpengaruh sesuai metode akuntansi yang dipakai.

Keempat, cara membaca laporan keuangan bank pada tabel laba rugi komprehensif terbatasi oleh hasil perhitungan penghasilan juga beban di mana wajib melibatkan pada pertimbangan pihak manajemen.

Membaca Tabel Rasio Keuangan

Pada umumnya, ada 5 rasio keuangan perbankan. Pertama, Rasio Likuiditas, fungsinya untuk mengetahui kemampuan perbankan memenuhi kewajiban jangka pendek atau panjang. Kedua, Rasio Rentabilitas, berfungsi untuk mengukur tingkat efisiensi usaha.

Rasio Rentabilitas juga berfungsi mengukur profitabilitas pencapaian bank. Ketiga yaitu Rasio Capital, fungsinya sebagai parameter kemampuan bank menutupi aktiva menurun dengan modalnya sendiri akibat adanya kerugian atas aktiva bank.

Cara membaca laporan keuangan bank selanjutnya yaitu mengukur Rasio Biaya Dana, di mana setiap perbankan perlu menyisihkan dana RR (Reserve Requirement) sebanyak 5%. Supaya dana masyarakat minimal dapat dijual 95%.

Kelima ada Rasio Aset untuk mengukur kinerja finansial dari segi aset melalui kualitas aktiva produktif. Jika nilai RORA (Return on Risked Asset) tinggi, maka penerimaan profit lebih optimal serta harga saham mengalami peningkatan.

Pada intinya, penyusunan financial report merupakan hal penting bagi setiap perusahaan, salah satunya perbankan. Sehingga para nasabah maupun investor bisa memantau keuangannya dengan cara membaca laporan keuangan bank.

Bagi anda pemilik usaha namun bingung dalam membuat dan membaca laporan keuangan dapat menghubungi FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

0 Response to "Cara Membaca Laporan Keuangan Bank Bagi Nasabah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel