Komponen Laba Rugi Perusahaan Dagang Vs Distributor - Melek Pembukuan

Komponen Laba Rugi Perusahaan Dagang Vs Distributor

Komponen-Laba-Rugi-Perusahaan-Dagang-Vs-Distributor
Komponen Laba Rugi Perusahaan Dagang Vs Distributor

Komponen Laba Rugi Perusahaan Dagang Vs Distributor

Perusahaan dagang dan distributor adalah dua jenis perusahaan yang berbeda. Perusahaan dagang adalah jenis perusahaan yang membeli barang dari pemasok lalu menjual lagi barang tersebut kepada pembeli tanpa mengubah sedikitpun bentuk dari barang tersebut.

Sedangkan distributor adalah perusahaan yang membeli produk dari pabrik atau manufaktur yang kemudian dijual langsung kepada retailer. Kedua jenis perusahaan memang cukup mirip. Tetapi masing-masing memiliki perbedaan pada siapa mereka menjual produk yang telah dibeli.

Tidak hanya jenis pembeli saja yang berbeda, kedua perusahaan juga memiliki komponen laporan laba rugi yang cukup berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut memang tidak terlalu besar. Sebagian besar komponen laporan laba rugi masih sama. Tetapi, ada beberapa komponen yang berbeda.

Komponen Laba Rugi Perusahaan Dagang

Berikut ini adalah komponen-komponen laba rugi perusahaan dagang:

1. Pendapatan (income)

Pendapatan dalam laporan laba rugi perusahaan dagang diartikan sebagai pendapatan masuk yang diterima oleh perusahaan. Baik berupa arus kas yang masuk ataupun peningkatan aset perusahaan. Selain itu, penurunan kewajiban yang mengakibatkan yang berakibat pada naiknya ekuitas atau modal juga termasuk.

2. Beban (Expenses)

Beban atau expenses diartikan sebagai penurunan manfaat ekonomi dalam satu periode pelaporan. Penurunan ini bisa dalam bentuk penurunan aset atau arus keluar. Bisa juga terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas perusahaan.

3. Pendapatan Komprehensif Lain (Other Comprehensive Income – OCI)

Nilai OCI bisa didapat dengan cara menghitung Total penghasilan perusahaan yang dikurangi oleh beban perusahaan.

4. Harga Pokok Penjualan (HPP)

HPP adalah biaya penjualan. Biaya ini timbul akibat terjadinya produksi suatu barang yang kemudian dijual dalam suatu transaksi bisnis. Di Dalam transaksi tersebut meliputi biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan juga biaya overhead.

Komponen Laba Rugi Perusahaan Distributor

Berikut ini adalah komponen-komponen laporan laba rugi perusahaan distributor:

1. Aktivitas Operasional

Aktivitas operasional dalam laporan laba rugi perusahaan distributor adalah biaya yang dihabiskan untuk operasional perusahaan. Semua biaya yang berhubungan dengan proses kinerja perusahaan ada di dalamnya.

2. Investasi

Investasi bisa berupa aset perusahaan baik aset jangka panjang maupun jangka pendek. Detailnya harus dimasukkan dengan akurat agar perhitungan laba rugi tidak keliru karena jumlahnya bisa mempengaruhi hasil akhir laporan laba rugi perusahaan.

3. Financial

Financial dalam laporan laba rugi adalah transaksi keuangan yang terjadi dalam satu periode akuntansi perusahaan.

4. Saldo Awal dan Saldo Akhir

Dua poin ini merupakan saldo awal saat awal periode akuntansi perusahaan. Sedangkan saldo akhir adalah saldo yang dimiliki perusahaan setelah terjadi proses transaksi dan akuntansi dalam laporan keuangan.

Perbedaan komponen laba rugi perusahaan dagang dan perusahaan distributor memang tidak terlalu menonjol. Keduanya masih memiliki persamaan yang cukup banyak dan tetap bisa menyatakan kondisi keuangan masing-masing perusahaan. Jika perusahaan dagang membutuhkan HPP, perusahaan distributor tidak terlalu memerlukan hal tersebut.

Fungsi utama dari laporan laba rugi adalah menunjukkan kondisi keuangan suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dari laporan laba rugi, perusahaan bisa mengetahui berapa besar keuntungan yang didapat dan juga berapa besar kerugian jika memang terjadi kerugian.

Oleh karena itu, proses pembuatan laporan laba rugi harus dikerjakan dengan sangat akurat. Untuk mempermudah perusahaan membuat laporan laba rugi, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Jurnal.

Memulai Dengan Software Akuntasi Untuk Mengelola Perusahaan Anda

Demikian pembahasan komponen laba rugi perusahaan dagang vs distributor, Anda perlu menggunakan software akuntansi online seperti jurnal. Agar dapat mengetahui posisi keuangan perusahaan Anda dengan detail. Selain itu, jurnal juga dilengkapi banyak fitur untuk mempermudah Anda dalam melakukannya.

Seandainya mungkin Anda merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri bisa menggunakan jasa pembukuan pengelola bisnis, yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa keuangan dan pembukuan.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk mengelola keuangan bisnis yang juga konsultan jasa konsultan keuangan sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991 

0 Response to "Komponen Laba Rugi Perusahaan Dagang Vs Distributor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel