Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM - Melek Pembukuan

Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM

Cara-Mendapatkan-Tambahan-Modal-dari-Program-Kementerian-UKM
Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM

Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM

Usaha Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UKM merupakan jenis usaha dengan modal kecil (tambahan modal) dan jumlah kekayaannya tidak lebih dari Rp200 juta. Jenis usaha ini perlu mendapatkan perhatian dari lembaga pemerintah Kementerian UKM sebagai solusi tambahan modal bagi para pengusaha.

Banyak pelaku bisnis UKM yang tidak mengetahui cara mendapatkan tambahan modal tersebut, sehingga mereka memilih pinjam dari bank dengan bunga yang tinggi. Untuk Anda pelaku bisnis UKM simak cara mendapatkan tambahan modal dari pemerintah berikut.

1. Buat Proposal Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pelaku bisnis untuk mendapatkan tambahan modal adalah membuat proposal. Buatlah proposal sebaik dan semenarik mungkin agar usaha Anda bisa mendapatkan modal tersebut. Sebaiknya Anda membuat proposal dalam 2 bentuk, hard copy maupun soft file agar memudahkan pengirimannya.

2. Ajukan ke Dinas Kementerian Usaha Kecil Menengah

Setelah Anda memiliki proposal, Anda bisa mengajukannya ke dinas kementerian UKM setempat. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menjemput bola dengan mengajukan permohonan adakah dana hibah untuk usaha Anda. Pada saat Anda mendatangi Dinas Kementerian, Anda akan menemukan beberapa jenis bantuan yang disediakan pemerintah. Untuk mengetahui bantuan mana yang Anda butuhkan, cobalah tanyakan kepada pihak kementerian UKM yang melayani Anda di sana.

3. Kunjungi Situs Kementerian UKM

Cara selanjutnya untuk mendapatkan tambahan modal dari kementerian UKM adalah mengunjungi situs website resminya. Rajin-rajinlah mengunjungi situs tersebut, karena akan ada pengumuman tentang dana hibah. Pemerintah secara resmi akan mengumumkannya dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jika sudah ada pengumuman, Anda hanya perlu mendaftar secara online dan mengisi semua data yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa meng-upload file proposal yang telah Anda miliki ke situs tersebut. Secara otomatis Anda akan terdaftar sebagai calon penerima bantuan modal dan menunggu proses seleksi.

Pameran untuk para pebisnis ataupun UKM sering menggelar di berbagai tempat dan diadakan oleh banyak sponsor. Pemerintah juga sering mengadakan acara pameran untuk para pengusaha UKM, setidaknya setahun sekali. Acara seperti ini biasanya didatangi oleh pejabat daerah terkait. Di sini, Anda bisa menawarkan produk yang Anda jual dan bisa menunjukkannya pada pejabat tersebut.

Dengan demikian dinas akan mengetahui bahwa Anda termasuk pengusaha UKM yang perlu memperlihatkan hasilnya. Jangan lupa untuk membawa proposal usaha yang Anda miliki, sehingga Anda bisa mengajukan pengajuan modal di tempat ini.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengajukan pembiayaan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR merupakan layanan kredit dari pemerintah yang akan terlaksana oleh bank tertentu yang sudah menunjukkan dan memiliki suku bunga yang rendah. Untuk mendapatkan pinjaman ini, biasanya Anda akan menunjukkan laporan keuangan dari usaha yang Anda jalani.

Untuk mempermudah pengajuan pendanaan, buatlah laporan keuangan dengan baik dan benar, jika Anda merasa bahwa laporan keuangan usaha Anda cukup rumit dan melibatkan banyak transaksi, Anda bisa Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis dan menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi yang memiliki berbagai fitur untuk mengelola keuangan perusahaan seperti laporan stok barang, neraca, laba rugi, arus kas, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memilih berbagai fitur dari Program Akuntansi Jurnal yang sesuai dengan usaha yang sedang Anda jalani, dan tentunya semua laporan dan data keuangan bisa Anda lihat secara realtime.

Gunakan Software Akuntansi Untuk Pasar Modal Pada Perusahaan Anda 

Tahukah Anda kalau software akuntansi seperti jurnal akan memudahkan Anda mengelola tambahan modal dan mengelola keuangan perusahaan komprehensif secara lebih praktis dan akurat. Dengan menggunakan jurnal Anda mengetahui secara realtime posisi keuangan perusahaan.

Jurnal juga dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, mulai dari pengelolaan stok dan aset perusahaan serta utang piutang. Terlepas dari itu jika anda merasa masih kesulitan dalam pencatatan pembukuan bisa menggunakan jasa pembukuan pengelola bisnis, yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa keuangan dan pembukuan.
 
Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk mengelola keuangan bisnis yang juga konsultan jasa konsultan keuangan sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991

0 Response to "Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel