5 Cara Evaluasi Ide Bisnis - Melek Pembukuan

5 Cara Evaluasi Ide Bisnis

5-Cara-Evaluasi-Ide-Bisnis
5 Cara Evaluasi Ide Bisnis

5 Cara Evaluasi Ide Bisnis

Tidak ada satupun orang yang mendirikan usaha untuk gagal. Namun pada kenyataannya menurut TechInAsia, 81% dari startup yang didirikan pada tahun 2007 hingga 2013 telah gagal. Untuk memastikan bahwa startup yang akan Anda dirikan nantinya akan sukses.

Sebelum Anda memulai evaluasi ide bisnis, Anda juga harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Dengan menggunakan software akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis Anda secara realtime atau dengan menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan. Berikut ini akan menjelaskan 5 cara evaluasi ide bisnis yang Anda harus ketahui.

1. Apakah produk atau jasa Anda dapat menyelesaikan suatu masalah?

Mungkin saja ide Anda orisinil dan bagus, namun jika ide Anda tidak dapat menyelesaikan suatu masalah yang dimiliki oleh pasar Anda, kemungkinan besar anda tidak akan memiliki pelanggan. Seorang ekonomis asal Amerika Serikat, Theodore Levitt, berkata bahwa orang-orang tidak mau membeli penggali lubang, namun mereka menginginkan lubang.

Artinya, pasar Anda tidak ingin membeli suatu produk, namun mereka ingin membeli apa yang produk tersebut dapat berikan untuk mereka. Jika produk atau jasa Anda dapat membuat hidup target pasar Anda lebih mudah, kemungkinan besar usaha Anda akan sukses.

2. Apakah target pasar Anda cukup besar untuk keberlangsungan usaha Anda?

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang pengusaha adalah berasumsi bahwa semua orang akan membeli produk mereka. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda perlu memastikan bahwa nantinya akan ada cukup pembeli/pelanggan untuk keberlangsungan usaha Anda. Jika Anda memiliki gambaran jelas mengenai pelanggan yang akan Anda dapat, perkiraan pasar ini akan menjadi lebih mudah.

Pertama-tama, Anda perlu menentukan demografi ideal pelanggan Anda, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pemasukan rumah tangga, status pernikahan, dan apakah mereka memiliki anak-anak atau tidak. Dari sana, didukung dengan online research, Anda akan dapat memperkirakan berapa banyak pelanggan ideal Anda yang tinggal di sekitar calon area bisnis anda.

3. Apakah produk Anda mudah digunakan?

Mungkin hal ini terdengar sepele, namun bahkan Microsoft pernah meluncurkan Window Vista, yang memiliki banyak kekurangan dan isu-isu penggunaan yang menyusahkan para pelanggan mereka. Oleh karena itu, sebelum meluncurkan suatu produk ke pasaran, pastikan bahwa Anda telah melakukan tes penggunaan dan memastikan bahwa produk Anda mudah dipahami dan digunakan.

Dan jika Anda akan meluncurkan produk jasa, cobalah sendiri dan ajak teman dan keluarga Anda untuk ikut mencoba produk jasa tersebut agar dapat benar-benar memahami apa yang akan dialami oleh pelanggan Anda.

4. Apakah Anda telah meminta opini dan masukan dari pelanggan yang netral?

Cara lain untuk menentukan apakah produk Anda akan dibeli oleh pelanggan adalah dengan meminta masukan langsung dari pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan survey online maupun offline, membuat focus group sendiri, atau menggunakan jasa online focus group.

Tanyalah pertanyaan-pertanyaan mengenai produk Anda ke orang yang masuk ke gambaran pelanggan ideal Anda. Apa yang mereka suka atau kurang suka dari produk Anda? Apakah mereka akan membelinya? Perbaikan apa saja yang mereka inginkan dari produk Anda tersebut?

5. Apakah Anda benar-benar menyukai bisnis Anda?

Setelah Anda yakin bahwa produk atau jasa Anda cukup baik untuk diluncurkan. Anda harus memastikan bahwa Anda cukup yakin untuk menjalankan bisnis ini. Sebagai pemilik bisnis, Anda akan menjadi pembicara utama mengenai bisnis Anda, dan Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mempromosikan bisnis Anda.

Sebuah survey oleh TAB memperlihatkan bahwa hanya 1 dari 5 pemilik bisnis yang bekerja kurang dari 40 jam seminggu. Sisanya bekerja lebih dari 40 jam seminggu, dan 19 persen bekerja lebih dari 60 jam per minggu. Jika Anda tidak benar-benar menyukai bisnis Anda ini, kemungkinan besar Anda akan sangat kewalahan.

Meluncurkan bisnis merupakan hal yang sangat menarik, namun jangan sampai Anda terbutakan oleh antusiasime; Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda akan sukses. Pikir matang-matang 5 cara evaluasi ide bisnis di atas dan lakukan hal-hal yang diperlukan untuk memastikan keberlangsungan bisnis Anda.

Jurnal software merupakan program akuntansi online yang dapat membantu bisnis dan pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat dengan menyiapkan laporan keuangan secara instan. Bukan hanya itu, ada banyak fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh Jurnal seperti melihat kas masuk dan keluar secara terperinci, memonitor penjualan dan pembelian beserta daftar invoice, hingga mengecek persediaan barang dengan melihat seluruh daftar barang yang ada.

Mulailah Penacatatan Bisnis Anda dengan Menggunakan Software Akuntansi

Dari penjelasan di atas, sekilas kita akan memahami fungsi dan peran akuntansi bagi sebuah bisnis. Jika Anda masih mengalami kesulitan terkait dengan akuntansi perusahaan yang sedang Anda kelola, Anda bisa mendapatkan kemudahan dengan mendaftarkan bisnis Anda pada Jurnal.

Mulailah dengan software akuntansi seperti jurnal yang memudahkan Anda dalam proses akuntansi seperti membuat laporan keuangan. Dengan Jurnal, Anda dapat lebih mudah, cepat, dan aman dalam mengelola dan memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime. Selain itu, jurnal juga dilengkapibberabagi fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola bisnis mulai dari pengelolaan stok dan aset perusahaan serta pengaturan utang dan piutang.

Jika anda merasa kesulitan dalam penggunaan jurnal pada software akuntansi, Anda bisa menggunakan pencatatan pembukuan. Jasa pembukuan pengelola bisnis, yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa keuangan dan pembukuan.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk mengelola keuangan bisnis yang juga konsultan jasa konsultan keuangan sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991

0 Response to "5 Cara Evaluasi Ide Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel