10 Pertanyaan Penting dalam Wawancara Kerja - Melek Pembukuan

10 Pertanyaan Penting dalam Wawancara Kerja

10-Pertanyaan-Penting-dalam-Wawancara-Kerja
10 Pertanyaan Penting dalam Wawancara Kerja

10 Pertanyaan Penting dalam Wawancara Kerja

Pada saat Anda memulai suatu bisnis, tentunya Anda akan perlu melakukan proses perekrutan. Bagaimana cara memastikan bahwa Anda telah memilih kandidat yang terbaik? Faktanya adalah, Anda tidak akan pernah tahu sifat asli kandidat sampai mereka mulai bekerja.

Mendapatkan rekomendasi biasanya dapat membantu, namun sangat sulit mengetahui dasar kolam hanya dengan melihatnya secara sekilas. Berdasarkan fakta tersebut, terdapat beberapa pertanyaan yang cukup berguna untuk menganalisa motivasi, keterampilan, dan kekuatan si kandidat.

Dibawah ini terdapat 10 pertanyaan wawancara kerja yang dapat menunjukkan filosofi kerja seorang kandidat, serta penjelasan untuk membantu pengertian dari jawabannya:

1. Ceritakan Sedikit Mengenai Diri Anda

Maksud dari pertanyaan: Mengetahui bagaimana kandidat menjelaskan tentang dirinya sendiri. Hal-hal apa yang mereka tekankan dibanding yang lain? Beberapa kandidat mungkin mengaitkan pertanyaan ini dengan orang-orang lain dalam hidupnya.

(Cth. Saya Ibu dari 2 orang anak), atau kandidat bisa saja membingkai pertanyaan dari pengalaman pribadi (Cth. Saya adalah ahli dalam media marketing). Apapun jawaban mereka, kandidat harus percaya diri, terstruktur, dan dapat melakukan korelasi jawaban dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Maksud dari pertanyaan: Ini adalah kesempatan bagi sang kandidat untuk menunjukkan hasil riset yang telah mereka lakukan terkait dengan organisasi Anda dan posisi yang ditawarkan. Dan juga menonjolkan kekuatan mereka yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kandidat sebaiknya juga mampu memberikan contoh pengalaman yang menarik untuk membedakan dirinya dari kompetitor lain. Anda harus memperhatikan kreativitas, kemampuan adaptasi, antusiasme, dan kombinasi ekspresi lain yang memberikan sudut pandang yang unik dan tidak hanya mengulangi CV yang ada.

3. Menurut Mantan Atasan Anda, Apakah Kekurangan Diri Anda yang Harus Diperbaiki?

Maksud dari pertanyaan: Merupakan cara baru dalam menanyakan pertanyaan klasik “Apa kelemahan terbesar anda?” tanpa secara langsung meminta kandidat membeberkan kelemahannya. Dengan membayangkan posisi pembicara sebagai mantan atasannya, kandidat kemungkinan besar akan bisa lebih jujur daripada saat ditanyakan kelemahannya secara langsung.

4. Apa Yang Biasanya Membuat Anda Frustasi?

Maksud dari pertanyaan : Semua pekerjaan pastinya memiliki titik jenuh, dan Anda menginginkan kandidat untuk dapat berbicara secara langsung mengenai hal yang mungkin menjadi tantangan mereka pada saat bekerja. Perhatikan poin yang mereka tekankan, kemudian coba kaitkan dengan posisi yang anda tawarkan.

Sebagai contoh, bila kandidat tidak menyukai bekerja tanpa arah yang jelas, namun peran kerja akan bersifat mandiri dan tidak terstruktur, Anda bisa menyimpulkan bahwa kandidat ini bukanlah orang yang tepat. Bila kandidat menjelaskan isu-isu kecil dalam jumlah banyak, hal ini bisa memperlihatkan ketidakmampuan kandidat dalam menangani tantangan kerja yang besar. Anda juga disarankan untuk bertanya bagaimana cara mereka melepas tekanan kerja dan pastikan agar metode mereka tidak akan merugikan diri mereka sendiri dan juga kantor.

5. Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Terakhir Anda?

Guna pertanyaan : Kandidat harus dapat menjelaskan alasan meninggalkan pekerjaan sebelumnya tanpa menjelek-jelekkan mantan kolega atau kantor lamanya. Jawaban harus terfokus pada tujuan, aspirasi karir, dan tantangan yang diinginkan kandidat.

6. Apa yang Anda Ketahui Mengenai Perusahaan Kami?

Guna pertanyaan : Apapun bisnis Anda, kandidat harus mengetahui apa yang Anda lakukan, jenis klien Anda, dan apa yang membedakan bisnis Anda dari bisnis lainnya. Disini anda dapat melihat antusiasme si kandidat saat mendiskusikan peruhaan Anda. Kandidat harus menunjukkan ketertarikan dalam usaha Anda dan kemauan untuk berkontribusi.

7. Apa yang Anda Ketahui Mengenai Perusahaan Kami?

Guna pertanyaan : Apapun bisnis Anda, kandidat harus mengetahui apa yang Anda lakukan, jenis klien Anda, dan apa yang membedakan bisnis Anda dari bisnis lainnya. Disini anda dapat melihat antusiasme si kandidat saat mendiskusikan peruhaan Anda. kandidat harus menunjukkan ketertarikan dalam usaha Anda dan kemauan untuk berkontribusi.

8. Apa Keputusan Tersulit yang Pernah Anda Ambil di Pekerjaan Sebelumnya?

Guna pertanyaan : Melihat bagaimana cara kandidat dalam menganalisa sebuah rintangan, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi rekan kerja, kantor dan kandidat itu sendiri. Bila mereka tidak dapat memberikan contoh yang jelas, mungkin kandidat ini bukan merupakan kandidat yang tepat untuk Anda.

9. Apakah Anda Memiliki Pertanyaan Untuk Kami?

Guna pertanyaan : Hal yang paling utama adalah melihat rasa ingin tahu kandidat terhadap perusahaan. Mengeluarkan pertanyaan ini di akhir wawancara sering membuahkan hasil yang jujur dan spontan karena Anda dan kandidat telah memiliki penilaian masing-masing selama wawancara berlangsung.

10. Apa Target Pencapaian Anda Dalam 5 Tahun Ke Depan?

Guna pertanyaan : Anda mungkin saja tidak mengharapkan jawaban bahwa kandidat yang ditanyakan akan berada dalam posisi yang sama dalam lima tahun. Apa yang anda inginkan adalah seseorang dengan rencana yang jelas dan tujuan yang pasti sehingga memperlihatkan kadar ambisius kandidat.

Kecuali anda mencari orang yang akan berkomitmen dalam jangka waktu lama, tanpa pergantian posisi, fokuskan penekanan jawaban bagaimana posisi yang anda tawarkan dapat membantu kandidat mencapai tujuan karir sekaligus membantu bisnis anda dalam berkembang.

Mulailah Menggunakan Software Akuntansi Pada Bisnis Anda

Setelah pekerjaan berjalan, dilanjutkan dengan mengelola keuangan. Untuk pengelolaan ini memang tidak sulit namun juga tidak mudah. Apalagi Anda yang tidak mempunyai basic di bidang akuntansi. Namun tidak perlu khawatir, karena kini Jurnal software seperti jurnal hadir sebagai solusi pengelolaan keuangan bisnis Anda. Jurnal menyediakan software akuntansi user-friendly dengan fitur yang lengkap. Mulai dari pencatatan keuangan biasa, perhitungan pajak hingga pengelolaan aset bisa dilakukan di dalam satu aplikasi.

Jika anda merasa kesulitan dalam penggunaan jurnal pada software akuntansi, Anda bisa menggunakan pencatatan pembukuan. Jasa pembukuan pengelola bisnis, yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa keuangan dan pembukuan.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk mengelola keuangan bisnis yang juga konsultan jasa konsultan keuangan sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991
 
junal.id

 

 

 

 

 

0 Response to "10 Pertanyaan Penting dalam Wawancara Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel